Kompas.com - 17/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi manfaat segementasi pasar KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi manfaat segementasi pasar

KOMPAS.com – Pemasaran suatu bisnis disusun berdasarkan keinginan serta kepuasan konsumen. Konsumen memiliki minat, keinginan, dan ketertarikan yang berbeda-beda. Sehingga dalam upaya memuaskan konsumen, dibuatlah segmentasi pasar.

Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk dalam buku Consumer Behavior (1997) menyebutkan bahwa segmentasi pasar adalah sebuah proses pembagian pasar menjadi subset konsumen yang lebih sempit dengan kebutuhan atau karakteristik yang sama dan memilih satu segmen untuk ditargetkan dengan bauran pemasaran yang lebih sempit.

Manfaat segmentasi pasar

Berikut beberapa manfaat segmentasi pasar, yaitu:

  • Ide pemasaran yang lebih terarah

Segemntasi pasar membagi pasar baik secara letak geografis, psikografi (perilaku, gaya hidup, atau kepribadian), maupun jenis industrial, sehingga memberikan gambaran bagaimana pasar tersebut menginginkan suatu produk atau jasa.

Perusahaan bisa menghasilkan ide pemasaran yang lebih terarah sesuai dengan segmentasi konsumennya.

Tiris Sudartono dalam jurnalPengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil (2019) dengan melaksanakan segmentasi pasar kegiatan pemasarab dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Riset Pasar: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

  • Membantu perusahaan mendapat peluang baru

Manfaat segmentasi pasar dilakukan dengan analisis yang komprehensif. Dalam prosesnya perusahaan dpat menilai pasar mana yang menjadi peluang baru bagi perusahaan dan menghindarkan adanya potensi ancaman dari perusahaan pesaing.

Sebagai contoh, perusahaan akan memilih berfokus pada pasar dengan volume penjualan yang besar atau pada pasar dengan pesaing yang lebih sedikit.

  • Menghemat lebih banyak biaya

Art Weinstein dalam buku Market Segmention (1987) menyebutkan manfaat segmentasi pemasaran adalah alat identifikasi dan analisis untuk menentukan strategi promosi yang efektif sesuai pasar.

Artinya perusahaan bisa melakukan jenis promosi yang sesuai dengan segmentasi pasar sehingga lebih efektif, efisien, dan juga hemat biaya. Hal tersebut juga membuat perusahaan lebih mudah dalam mengatur pengeluarannya.

Baca juga: Manfaat Pasar Keuangan

  • Mengembangkan produk yang responsif dan memberikan posisi yang kuat pada perusahaan

Segmentasi pasar membuat perusahaan fokus pada suatu pasar, menghasilkan produk (barang atau jasa) dan juga metode pemasaran yang sesuai dengan pasar. Sehingga konsumen merasa perusahaan tersebut lebih mengerti keinginan, selera, dan juga kebutuhan mereka.

Hal tersebut membuat perusahaan lebih responsif dan menumbuhkan loyalitas pada konsumen terhadap perusahaan. Yang secara otomatis memperkuat posisi perusahaan di pasar dibanding dengan pesaingnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.