Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Segmentasi Pasar

Kompas.com - 17/09/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemasaran suatu bisnis disusun berdasarkan keinginan serta kepuasan konsumen. Konsumen memiliki minat, keinginan, dan ketertarikan yang berbeda-beda. Sehingga dalam upaya memuaskan konsumen, dibuatlah segmentasi pasar.

Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk dalam buku Consumer Behavior (1997) menyebutkan bahwa segmentasi pasar adalah sebuah proses pembagian pasar menjadi subset konsumen yang lebih sempit dengan kebutuhan atau karakteristik yang sama dan memilih satu segmen untuk ditargetkan dengan bauran pemasaran yang lebih sempit.

Manfaat segmentasi pasar

Berikut beberapa manfaat segmentasi pasar, yaitu:

  • Ide pemasaran yang lebih terarah

Segemntasi pasar membagi pasar baik secara letak geografis, psikografi (perilaku, gaya hidup, atau kepribadian), maupun jenis industrial, sehingga memberikan gambaran bagaimana pasar tersebut menginginkan suatu produk atau jasa.

Perusahaan bisa menghasilkan ide pemasaran yang lebih terarah sesuai dengan segmentasi konsumennya.

Tiris Sudartono dalam jurnalPengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil (2019) dengan melaksanakan segmentasi pasar kegiatan pemasarab dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Riset Pasar: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

  • Membantu perusahaan mendapat peluang baru

Manfaat segmentasi pasar dilakukan dengan analisis yang komprehensif. Dalam prosesnya perusahaan dpat menilai pasar mana yang menjadi peluang baru bagi perusahaan dan menghindarkan adanya potensi ancaman dari perusahaan pesaing.

Sebagai contoh, perusahaan akan memilih berfokus pada pasar dengan volume penjualan yang besar atau pada pasar dengan pesaing yang lebih sedikit.

  • Menghemat lebih banyak biaya

Art Weinstein dalam buku Market Segmention (1987) menyebutkan manfaat segmentasi pemasaran adalah alat identifikasi dan analisis untuk menentukan strategi promosi yang efektif sesuai pasar.

Artinya perusahaan bisa melakukan jenis promosi yang sesuai dengan segmentasi pasar sehingga lebih efektif, efisien, dan juga hemat biaya. Hal tersebut juga membuat perusahaan lebih mudah dalam mengatur pengeluarannya.

Baca juga: Manfaat Pasar Keuangan

  • Mengembangkan produk yang responsif dan memberikan posisi yang kuat pada perusahaan

Segmentasi pasar membuat perusahaan fokus pada suatu pasar, menghasilkan produk (barang atau jasa) dan juga metode pemasaran yang sesuai dengan pasar. Sehingga konsumen merasa perusahaan tersebut lebih mengerti keinginan, selera, dan juga kebutuhan mereka.

Hal tersebut membuat perusahaan lebih responsif dan menumbuhkan loyalitas pada konsumen terhadap perusahaan. Yang secara otomatis memperkuat posisi perusahaan di pasar dibanding dengan pesaingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com