Kompas.com - 16/09/2021, 14:47 WIB
Ilustrasi kata kunci KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi kata kunci

KOMPAS.comKata kunci membantu pencarian kata atau hal penting lainnya. Kata kunci tersusun dari beberapa makna khusus yang ketika ditelusuri lebih jauh akan menuntun seseorang pada hal yang sedang dicari.

Pengertian kata kunci

Menurut Irman Siswadi dalam jurnal Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci (2013), kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subyek, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Pengertian lain dari kata kunci adalah suatu kata yang atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting, yang digunakan untuk mencari suatu hal.

Baca juga: Transisi Paragraf: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Ciri-ciri kata kunci

Kata kunci membantu kita menemukan jawaban atau suatu hal penting. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ciri-ciri kata kunci:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata

Sebuah kata kunci tidak bisa memuat kata yang panjang. Kata kunci tersebut haruslah singkat, padat, dan jelas, supaya mudah diingat orang lain. Contohnya ‘makanan daerah’, ‘wisata terfavorit’, ‘dunia binatang’, serta ‘alat elektronik’.

  • Kata kunci mengandung kata yang sifatnya unik

Ciri-ciri kata kunci adalah memuat kata yang bersifat unik. Kata kunci haruslah mudah diingat dan mengandung kata yang bermakna spesifik atau bukan hal yang umum. Contohnya ‘wisata Jakarta’, ‘makanan Bali’, ‘hewan anjing’, dan ‘kursi bambu’.

  • Kata kunci bersifat menyeluruh

Artinya kata kunci memuat satu atau dua kata yang bisa digunakan untuk memperjelas keseluruhan isinya. Sebagai contoh kata kunci ‘makanan Jakarta’ dipakai untuk menjelaskan apa saja makanan yang ada di Jakarta, baik makanan tradisional hingga makanan favorit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.