Kompas.com - 16/09/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi interaksi sosial dengan lingkungan alam KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi interaksi sosial dengan lingkungan alam

KOMPAS.comInteraksi sosial dan lingkungan alam saling berhubungan satu sama lain. Adanya interaksi sosial bisa berpengaruh pada perubahan lingkungan alam. Begitu pula perubahan lingkungan alam bisa berdampak pada interaksi sosial.

Pengertian interaksi sosial dan lingkungan alam

Menurut Trisni Andayani dan kawan-kawan, dalam buku Pengantar Sosiologi (2020), interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok.

Dikutip dari jurnal Lingkungan sebagai Media Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian (2011) karya Oos M. Anwas, lingkungan alam adalah segala sesuatu yang bersifat alamiah, seperti flora dan fauna, serta kenampakan alam.

Interaksi sosial dengan lingkungan alam

Lingkungan alam menjadi tempat tinggal makhluk hidup, termasuk manusia. Dalam lingkungan alam ada air, tanah, lahan, serta iklim.

Sedangkan interaksi sosial merupakan interaksi yang terjalin antar manusia. Interaksi sosial selalu terjadi dan melibatkan manusia lainnya.

Baca juga: Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga penjelasan materi tema 3 kelas 5 mengenai interaksi sosial dengan lingkungan alam merupakan bentuk hubungan yang akan selalu terjadi. Manusia membutuhkan lingkungan alam agar bisa melakukan interaksi sosial.

Contohnya pakaian yang dibuat dari bahan alam, seperti sutra, dibutuhkan manusia untuk menjalin hubungan atau interaksi sosial. Contoh lainnya, manusia membutuhkan hujan untuk bisa bercocok tanam.

Selain itu, manusia juga memanfaatkan lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia mengolah dan menggunakan sumber daya yang ada di lingkungan alam, seperti tumbuhan, hewan, bahan tambang, dan lain-lain.

Namun, sayangnya manusia terus menggunakan atau memanfaatkan lingkungan alam, tanpa melakukan pelestarian. Akibatnya lingkungan alam menjadi rusak, tidak terurus, dan tidak indah lagi.

Bentuk hubungan lain antara interaksi sosial dengan lingkungan alam adalah adaptasi. Dalam menjalankan interaksi sosial, manusia perlu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan alam.

Misalnya kegiatan bercocok tanam dilakukan di musim hujan, aktivitas berlayar di laut memperhatikan cuaca dan iklimnya, serta tidak tinggal di kawasan rawan bencana.

Baca juga: Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.