Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Paragraf Narasi

Kompas.com - 24/06/2021, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paragraf narasi adalah salah satu jenis paragraf dari bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasi adalah pengisahan suatu kejadian dan cerita atau deskripsi suatu kejadian atau peristiwa.

Paragraf narasi adalah bentuk paragraf yang berisi uraian cerita tentang sesuatu. Paragraf narasi menjelaskan suatu kejadian maupun peristiwa baik bersifat fiksi maupun non-fiksi.

Narasi kerap digunakan dalam penyajian berita, jurnal penelitian ilmia, buku ilmiah, hingga karya sastra seperti novel dan cerpen.

Dilansir dari Thought Co, narasi dapat berupa penjelasan dan analisi serangkaian ide, argument yang mencoba membujuk pembaca ke surut pandang tertentu, maupun deskripsi tertulis dari pengalaman visual.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Antara Guru dan Siswa Tentang Pengumpulan Tugas

Agar lebih memahami tentang paragraf narasi, yuk kita simak contoh paragraf narasi di bawah ini!

  • Contoh narasi 1:

Pendidikan merupakan hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Pendidikan membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani kehidupan dan mewujudkan impiannya. Pendidikan tidak hanya tentang materi ilmiah saja tetapi termasuk tata karma, etika kerja, hingga cara bersosialisasi dalam kehidupan bermsyarakat.

Selain menjadi bekal bagi kehidupan pribadi, pendidikan juga menjadi bekal bagi generasi penerus banga. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik juga, sehingga negara bisa lebih maju karenanya. Oleh karena itu sangat penting bagi seluruh generasi muda mendapatkan pendidikan yang layak demi masa depannya sendiri juga masa depan negara.

  • Contoh narasi 2:

Islandia merupakan negara seluas 103.000 kilometer yang terletak di barat laut Eropa. Islandia menduduki peringkat kedua negara paling bahagia di dunia, padahal biaya hidup di Islandia jauh lebih mahal dibanding negara Eropa lainnya. Hal tersebut dapat dikarenakan Islandia merupakan negara teraman di dunia.

Di Islandia jarang terjadi kejahatan kriminal, padahal negara tersebut tidak memiliki armada militer. Faktor lain menjadikan Islandia negara yang makmur dan bahagia adalah sistem pendidikannya yang sangat baik.

Semua sekolah negeri di Islandia tidak memungut biaya bagi siswanya, hanya biaya pendaftaran yang terbilang murah saja. Sehingga siapapun dapat bersekolah dan mendapat kesempatan yang sama di Islandia. Satu lagi fakta menarik dari Islandia, yaitu sama sekali tidak ada nyamuk di Islandia.

Baca juga: Perbedaan Meringkas dan Menyimpulkan Teks

  • Contoh narasi 3:

Pada tanggal 26 desember 2004 gempa bumi berkekuatan 9,3 SR mengguncang Samudra Hindia dengan kedalaman hanya sekitar 10 kilometer saja. Gempa berasal dari pergerakan lempeng samudera dan berlangsung selama 10 menit tanpa henti.

Gempa tersebut menghasilkan pergerakan kolom air yang sangat bersar menghasilkan gelombang laut dahsyat setinggi 100 kaki yang disebut dengan Tsunami. Gelombang tsunami tersebut menghantam daerah terdekatnya yaitu Kota Banda Aceh dengan kecepatan 360 kilometer perjam.

Gelombang dahsyat tersebut menelan 320.000 korban jiwa dengan lebih banyak lagi korban luka-luka. Tsunami tersebut menghantam kota, menghancurkan segala macam infrastruktur dengan kerugian ditasir puluhan triliun rupiah. Dahsyatnya gelombang tersebut membuat tsunami Aceh tercatat sebagai bencana tsunami paling mematikan sepanjang sejarah manusia.

  • Contoh narasi 4:

Buku tersebut menceritakan tentang dewa Apollo yang kuat dan rupawan diubah menjadi seorang manusia fana tanpa kekuatan dewa sedikitpun oleh ayahnya sendiri, Zeus. Ia dibuang ke dunia manusia dalam wujud remaja berjerawat dengan perut buncit tanpa sedikitpun modal untuk bertahan hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com