Kompas.com - 27/08/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi riset pasar KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi riset pasar

KOMPAS.com – Dalam kegiatan ekonomi, penjualan adalah kunci dari kesuksesan. Agar perusahaan bisa menghasilkan penjualan yang baik, maka perusahaan harus bisa memahami pasar sebelum meluncurkan suatu produk baik barang maupun jasa.

Untuk memahami pasar, maka diperlukan riset pasar. Dilansir American Marketing Association, riset pasar adalah pengumpulan data dan wawasan konsumen seperti preferensi atau kebutuhan mereka.

Jenis riset pasar

Riser pasar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu riset pasar primer dan riset pasar sekunder.

Berdasarkan situs The Hartford, riset primer yaitu riset yang dilakukan sendiri oleh perusahaan atau dengan mempekerja seseorang yang secara langsung melakukan penelitian di bawah perusahaan. Sehingga riset pasar primer adalah riset yang sengaja dilakukan perusahaan secara mandiri.

Riset pasar primer dilakukan dengan cara wawancara baik melalui telepon atau tatap muka, survey, kuesioner, kunjungan ke lokasi, dan diskusi kelompok.

Dilansir dari Entrepreneur, riset sekunder adalah riset yang dilakukan oleh orang lain yang bukan di bawah perusahaan. Misalnya studi yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, asosiasi perdagangan, organisasi internasional maupun nasional, dan juga perusahaan lain dalam industri yang sama.

Baca juga: Manfaat Pasar Keuangan

Fungsi riset pasar

Riset pasar merupakan kegiatan esensial yang harus dilakukan perusahaan karena memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Perencanaan atau penyusunan strategi

Dilansir dari Harvard Business Review, literatur pemasaran penuh dengan penelitian dan analisis untuk membantu manajer merancang strategi pemasaran yang disesuaikan dengan pasar. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengetahui target pemasaran produk.

Setelah target ditemukan, maka perusahaan bisa merancang langkah pemasaran apa yang kira-kira paling efektif digunakan.

Misalnya pemasaran ilakukan melalui media sosial jika targetnya merupakan anak muda. Sehingga riset pasar juga membantu pengambilan keputusan bagi perusahaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.