Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Pasar Konvensional dan Modern

Kompas.com - 26/03/2021, 15:22 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemanakah kamu pergi jika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan dan peralatan rumah tangga? Kemudian apa perbedaan pasar konvesional dan modern?

Dilansir dari Investopedia, pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih melakukan transaksi ekonomi berupa penjualan, penawaran, dan pembelian.

Pasar konvensional adalah pasar tradisional yang dikenal manusia sejak zaman dulu, sedangkan pasar modern adalah pasar yang lebih modern seperti supermarket. Berikut adalah perbedaan pasar konvensional dan pasar modern:

  • Kebersihan

Hal pertama yang membedakan pasar konvensional dan pasar modern adalah kebersihan. Pasar konvensional atau pasar tradisional biasanya tidak memiliki kebersihan yang baik karena kebersihan ditanggung sediri-sendiri oleh pedagang dan pembeli.

Baca juga: Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar

Di pasar konvensional jarang disediakan tempat sampah, jika adapun jumlahnya sedikit. Hal ini menyebabkan kebersihan di pasar konvensional kurang baik.

Adapun pasar modern memiliki manajemen yang lebih baik, di mana terdapat petugas kebersihan dan banyak tempat sampah. Petugas kebersihan membersihkan sampah di seluruh pasar serta kamar mandi umum, sehingga kebersihannya lebih terjaga.

  • Tata Ruang

Pasar konvensional tidak memiliki tata ruang yang rapi. Kamu dapat melihat letak-letak pedagang bercampur. Sedangkan pasar modern lebih tertata rapi sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan barang yang ia cari.

  • Harga Jual

Harga di pasar konvensional tidak mutlak, sedangkan harga di pasar modern adalah mutlak. Di pasar konvensional dapat dilakukan tawar-menawar harga antara pembeli dan penjual. Sehingga terjadi harga kesepakatan bersama. 

Sedangkan di pasar modern, harga yang dipasang sudah mutlak atau tidak dapat berubah-ubah lagio. Tidak ada aktivitas tawar-menawar harga. 

Baca juga: Jenis-Jenis Pasar

  • Pemasaran

Pasar tradisional melakukan pamasaran dengan cara yang sederhana misalnya menawarkan produk langsung kepada calon konsumen yang lewat dan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produknya.

Sedangkan pasar modern menggunakan pemasaran dengan berbagai cara seperti promosi, potongan harga, dan iklan di social media

  • Keamanan

Keamanan di pasar modern lebih lengkap karena adanya CCTV atau kamera pengawas, selain adanya security di setiap pintu masuk. Keamanan di pasar konvensional juga tersedia, meskipun hanya mengandalkan pihak keamanan pasar maupun security, tanpa adanya kamera pengawas atau CCTV. 

  • Kualitas Produk

Baik pasar modern dan pasar konvensional, keduanya memiliki kualitas produk yang sesuai dengan harga.

Pasar modern memiliki kualitas produk yang bagus, di mana produk yang dijual hanyalah produk yang lulus uji klinis atau standar dari pasar moderns itu sendiri. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Sedangkan di pasar konvensional kamu bisa menemukan produk dengan kualitas kurang baik dengan harga murah.

Namun untuk kesegaran produk seperti sayuran dan daging, pasar konvensional lebih segar karena biasanya diambil langsung dari produsen pada hari yang sama. Sedangkan di pasar modern, sayur dan daging biasanya telah melalui proses pembekuan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com