Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar

Kompas.com - 25/01/2021, 18:31 WIB
Harga keseimbangan pasar terbentuk ketika permintaan dan penawaran bertemu Harga keseimbangan pasar terbentuk ketika permintaan dan penawaran bertemu

KOMPAS.com - Harga keseimbangan pasar terbentuk karena adanya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Harga terbentuk atas kesepakatan kedua belah pihak.

Dalam ekonomi, harga keseimbangan ini biasanya terjadi saat pembeli menurunkan harga dan penjual menaikkan harganya. Hal ini terus terjadi hingga akhirnya ada harga yang disepakati.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), harga keseimbangan pasar sering disebut juga sebagai harga pasar atau harga keseimbangan.

Harga keseimbangan pasar adalah sebuah kondisi di mana barang yang ingin dibeli oleh pembeli memiliki harga yang sama dengan harga yang ditawarkan oleh penjual.

Pengertian lain dari harga keseimbangan pasar adalah kesepakatan harga antara penjual atau produsen dengan pembeli.

Baca juga: Harga: Konsep, Tujuan, dan Metode Penetapannya

Lalu, bagaimana proses terbentuknya harga keseimbangan pasar?

Terbentuknya harga keseimbangan pasar dikarenakan adanya proses tawar menawar.

Jika harga yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli tergolong mahal, maka barang atau jasa tersebut tidak akan terbeli atau terjual.

Maka penjual atau produsen akan menurunkan harganya, supaya pembeli bisa membeli barang serta memakai jasanya.

Sebaliknya jika harga yang ditawarkan pembeli terlalu rendah, penjual tidak akan menjual barang atau jasa. Maka pembeli akan menaikkan harganya.

Dilansir dari situs Fullerton College, harga keseimbangan pasar juga bisa dilihat dalam bentuk kurva. Jika kurva penawaran dengan permintaan saling berpotongan, maka pasar dalam kondisi ekulibrium atau seimbang.

Baca juga: Harga Keseimbangan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

Adanya keseimbangan antara jumlah penawaran dan permintaan akan membentuk harga pasar. Harga ini dapat bergeser atau berubah sewaktu-waktu, karena dipengaruhi oleh jumlah permintaan serta penawaran.

Menurut Ninik Rustanti dalam Buku Ajar Ekonomi Pangan dan Gizi (2015), harga keseimbangan pasar memang bisa berubah, jika ada kelebihan permintaan atau penawaran.

Apabila hal ini terjadi, maka akan diusahakan untuk membentuk harga keseimbangan pasar, baik harga yang sebelumnya atau harga keseimbangan yang baru.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X