Kompas.com - 26/08/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi terbentuknya persatuan bangsa Indonesia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi terbentuknya persatuan bangsa Indonesia

KOMPAS.comPersatuan bangsa Indonesia sudah ada sejak zaman kemerdekaan. Rasa persatuan ini tidak terbentuk secara instan, namun melewati berbagai proses sejarah yang panjang. Hingga akhirnya bangsa Indonesia bisa bersatu.

Dikutip dari Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2016) karya Yulia Djahir, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sangat penting untuk masyarakatnya yang bersifat majemuk, yakni yang berasal dari latar belakang suku, agama, dan bahasa yang berbeda.

Adanya persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia, tentu akan menciptakan rasa toleransi dan sikap tenggang rasa. Sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera, damai, serta hidup berdampingan satu sama lain.

Baca juga: Manfaat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Tahap terbentuknya persatuan bangsa Indonesia

Terbentuknya persatuan di antara masyarakat Indonesia melewati proses sejarah yang panjang. Secara keseluruhan, proses tersebut dapat dibagi menjadi empat tahapan penting. Berikut tahap-tahap sejarah terbentuknya persatuan bangsa Indonesia, yaitu:

  • Adanya perasaan senasib

Menurut Rosmawati dan Hasanal Mulkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020), adanya perasaan senasib di antara masyarakat Indonesia, menjadi tahapan penting terbentuknya proses persatuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bangsa Indonesia berada dalam masa penjajahan yang lama. Hal ini menimbulkan perasaan senasib dan keinginan yang sama untuk bisa merdeka dari penjajahan. Bangsa Indonesia kemudian bersatu untuk merdeka dan melawan penjajahan.

  • Kebangkitan nasional

Dilansir dari buku Sejarah Pergerakan Nasional (2015) karya Fajriudin Muttaqin dan Wahyu Iryana, terbentuknya persatuan bangsa Indonesia tidak bisa dipisahkan dari peran organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Bisa dikatakan kebangkitan nasional mulai muncul ketika Dr. Wahidin Sudirohusodo membentuk organisasi ini di tahun 1908. Setelah Budi Utomo berdiri, banyak organisasi bermunculan, seperti Serikat Islam, Perhimpunan Indonesia, PNI, dan masih banyak lagi.

  • Peristiwa Sumpah Pemuda

Dalam buku Wawasan Nusantara (2020) karya Sri Widayati, dijelaskan jika peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, merupakan upaya awal pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia. Peristiwa sejarah ini juga menandai adanya kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu.

Baca juga: Cara Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

  • Proklamasi Kemerdekaan

Peristiwa bersejarah ini menjadi bagian dari tahapan terbentuknya persatuan bangsa Indonesia. Saat itu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, atas nama bangsa Indonesia, mendeklarasikan diri sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan.

Persatuan bangsa Indonesia terbentuk bukan lewat proses singkat atau instan, melainkan proses sejarah yang panjang. Maka dari itu, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk selamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.