Kompas.com - 13/07/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi fungsi dan manfaat pasar keuangan freepik.com/pikisuperstarIlustrasi fungsi dan manfaat pasar keuangan

KOMPAS.comPasar keuangan menjadi tempat dimana perusahaan atau individu dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian. Pasar keuangan menjadi tempat bertemunya pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan dana.

Dalam bahasa Inggris, pasar keuangan disebut financial market. Dilansir dari situs Investopedia, financial market (pasar keuangan) merupakan pasar tempat terjadinya perdagangan sekuritas, seperti uang, saham, serta obligasi.

Financial market memperdagangkan segala bentuk sekuritas (surat berharga), yang mana sangat penting untuk kehidupan masyarakat.

Apabila pasar keuangan gagal, maka sektor perekonomian bisa mengalami gangguan, seperti resesi (kelesuan dalam perdagangan) dan pengangguran.

Dikutip dari situs Bank Indonesia (BI), pasar keuangan harus memiliki kredibilitas, integritas, serta kompetensi.

Baca juga: Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metodenya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pasar keuangan juga harus transparan dan efektif, karena jenis pasar ini mengelola dana atau keuangan yang dibutuhkan perusahaan atau individu.

Pasar keuangan berbeda dengan pasar uang. Karena pasar uang menjadi salah satu bagian dari pasar keuangan. Selain itu, pasar uang lebih berfokus pada penyediaan instrumen keuangan jangka pendek.

Manfaat pasar keuangan

Pasar keuangan berperan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Penjual dalam hal ini ialah pihak yang ingin menjual segala bentuk keuangan yang dimilikinya. Sedangkan pembeli ialah mereka yang ingin membeli segala bentuk keuangan.

Manfaat utama dari pasar keuangan ialah tempat penyediaan dana bagi pihak yang membutuhkannya. Selain itu, pasar keuangan juga memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Menjadi fasilitator perdagangan surat berharga

Ruang lingkup kegiatan pasar keuangan tidak hanya berfokus pada uang saja, melainkan juga dalam hal surat berharga. Pasar keuangan mempermudah individu atau perusahaan untuk memperjualbelikan surat berharga, seperti saham, dan lainnya.

  • Menjadi sumber dana

Selain menjadi fasilitator, pasar keuangan juga bermanfaat sebagai sumber dana, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan dana. Dalam pasar keuangan, pihak yang membutuhkan dana akan dipertemukan dengan pihak pemilik dana.

Baca juga: Industri Jasa Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya

  • Menjaga stabilitas sistem keuangan

Pasar keuangan juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, lewat transaksi jual beli atau keuangan yang dilakukan di dalamnya.

  • Menjadi fasilitator untuk investasi

Dalam hal investasi, pasar keuangan juga sangat bermanfaat, yakni dengan menyediakan pinjaman dalam jangka pendek, baik di dalam ataupun luar negeri, kepada mereka yang membutuhkannya.

 


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.