Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pasar Keuangan

Kompas.com - 13/07/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPasar keuangan menjadi tempat dimana perusahaan atau individu dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian. Pasar keuangan menjadi tempat bertemunya pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan dana.

Dalam bahasa Inggris, pasar keuangan disebut financial market. Dilansir dari situs Investopedia, financial market (pasar keuangan) merupakan pasar tempat terjadinya perdagangan sekuritas, seperti uang, saham, serta obligasi.

Financial market memperdagangkan segala bentuk sekuritas (surat berharga), yang mana sangat penting untuk kehidupan masyarakat.

Apabila pasar keuangan gagal, maka sektor perekonomian bisa mengalami gangguan, seperti resesi (kelesuan dalam perdagangan) dan pengangguran.

Dikutip dari situs Bank Indonesia (BI), pasar keuangan harus memiliki kredibilitas, integritas, serta kompetensi.

Baca juga: Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metodenya

Selain itu, pasar keuangan juga harus transparan dan efektif, karena jenis pasar ini mengelola dana atau keuangan yang dibutuhkan perusahaan atau individu.

Pasar keuangan berbeda dengan pasar uang. Karena pasar uang menjadi salah satu bagian dari pasar keuangan. Selain itu, pasar uang lebih berfokus pada penyediaan instrumen keuangan jangka pendek.

Manfaat pasar keuangan

Pasar keuangan berperan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Penjual dalam hal ini ialah pihak yang ingin menjual segala bentuk keuangan yang dimilikinya. Sedangkan pembeli ialah mereka yang ingin membeli segala bentuk keuangan.

Manfaat utama dari pasar keuangan ialah tempat penyediaan dana bagi pihak yang membutuhkannya. Selain itu, pasar keuangan juga memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Menjadi fasilitator perdagangan surat berharga

Ruang lingkup kegiatan pasar keuangan tidak hanya berfokus pada uang saja, melainkan juga dalam hal surat berharga. Pasar keuangan mempermudah individu atau perusahaan untuk memperjualbelikan surat berharga, seperti saham, dan lainnya.

  • Menjadi sumber dana

Selain menjadi fasilitator, pasar keuangan juga bermanfaat sebagai sumber dana, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan dana. Dalam pasar keuangan, pihak yang membutuhkan dana akan dipertemukan dengan pihak pemilik dana.

Baca juga: Industri Jasa Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya

  • Menjaga stabilitas sistem keuangan

Pasar keuangan juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, lewat transaksi jual beli atau keuangan yang dilakukan di dalamnya.

  • Menjadi fasilitator untuk investasi

Dalam hal investasi, pasar keuangan juga sangat bermanfaat, yakni dengan menyediakan pinjaman dalam jangka pendek, baik di dalam ataupun luar negeri, kepada mereka yang membutuhkannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com