Kompas.com - 17/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi lagu nasional dengan tangga nada mayor dan minor KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi lagu nasional dengan tangga nada mayor dan minor

KOMPAS.com – Lagu nasional adalah sekumpulan lagu berbahasa Indonesia yang liriknya berisikan nasionalisme untuk pembangunan karakter bangsa. Lagu nasional ada yang terbuat dari tangga nada mayor, namun ada juga yang terbentuk dari tangga nada minor.

Berikut contoh jawaban materi 3 kelas 5 tentang contoh lagu nasional dengan tangga nada mayor dan minor, yaitu:

Contoh lagu nasional dengan tangga nada mayor

Muhamad Syihabuddin Yahya dalam jurnal Membuat Karya Musik dengan Fruity Loops 5.0.2 (2010) menyebutkan bahwa tangga nada mayor memiliki tujuh buah nada yang terbentuk dari interval nada 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½.

Tangga nada mayor seringkali diawali dan diakhiri dengan nada do atau kunci C, serta ketukannya memberikan kesan yang bersemangat dan menggebu-gebu.

Lagu nasional dengan nada mayor biasanya merupakan lagu yang membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme dengan lirik lagu yang kuat dan semangat yang menggebu-gebu. Contoh lagu nasional dengan tangga nada mayor adalah:

  1. Indonesia Raya
  2. Maju Tak Gentar
  3. Bangun Pemuda Pemudi
  4. Berkibarlah Benderaku
  5. Dari Sabang Sampai Merauke
  6. Halo-Halo Bandung
  7. Satu Nusa Satu Bangsa
  8. Hari Merdeka
  9. Kebyar-Kebyar
  10. Garuda Pancasila

Baca juga: Tangga Nada Diatonis Minor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh lagu nasional dengan tangga nada minor

Wyatt Keith and Carl Schroeder dalam buku Harmony and Theory (1998) menyebutkan bahwa tangga nada minor terbentuk dari rangkaian nada whole steps (1) dan half steps (1/2) dengan komposisi 1 – ½ - 1 – 1 – ½ - 1 – 1. Biasanya tangga nada minor diawali dan diakhiri oleh nada la.

Lagu nasional yang menggunakan tangga nada minor adalah lagu yang berisikan kecintaan terhadap tanah air atau lagu yang ditujukan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan.

Karena tangga nada diatonis minor cenderung memberikan kesan lagu yang melankolis, terdengar sedih, emosional, dan syahdu.

Contoh lagu nasional dengan tangga nada diatonis minor adalah:

  1. Indonesia Pusaka
  2. Ibu Pertiwi
  3. Mengheningkan Cipta
  4. Syukur
  5. Tanah Airku
  6. Terima Kasihku
  7. Bagimu Negeri
  8. Hymne Guru
  9. Rayuan Pulau Kelapa

 Baca juga: Perbedaan Tangga Nada Mayor dan Minor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.