Kompas.com - 17/09/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi lagu daerah dengan tangga nada mayor dan minor KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi lagu daerah dengan tangga nada mayor dan minor

KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari kaya akan kebudayaan, salah satu buktinya adalah lagu daerah.

Menurut Pono Banoe dalam buku Kamus Musik (2011), lagu daerah adalah lagu dari daerah atau wilayah budaya tertentu yang dinyanyikan dalam syair bahasa daerah tersebut.

Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerahnya sendiri yang mencerminkan budaya serta adat istiadatnya. Seperti musik pada umumnya, lagu daerah dibuat berdasarkan tangga nada, mayor maupun minor. Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 5 tentang lagu daerah dengan tangga nada mayor dan minor:

Contoh lagu daerah dengan tangga nada mayor

Lagu daerah yang menggunakan tangga nada mayor adalah lagu daerah dengan kesan yang bersemangat, bergembira, menggebu-gebu, dan diawali dan diakhiri dengan nada do ataupun kunci C. Contohnya:

  1. Potong Bebek Angsa
  2. Yamko Rambe Yamko
  3. Anak Kambing Saya
  4. Ampar-Ampar Pisang
  5. Burung Kakak Tua
  6. Kampuang Nan Jaoh di Mato
  7. Gundul-Gundul Pacul

Baca juga: Daftar Lagu Daerah di Indonesia

Contoh lagu daerah dengan tangga nada minor

Ciri-ciri lagu daerah yang menggunakan tangga nada minor adalah lagu daerah yang mendayu-dayu, dengan kesan yang syahdu, terderngar lebih sedih dan emosional. Contohnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Es Lilin
  2. Bubuy Bulan
  3. Kole-Kole
  4. Cikat-Cikat Tiga Lingga
  5. Ole Sioh
  6. Piso Surit

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.