Kompas.com - 15/09/2021, 13:00 WIB
Kerucut pengalaman Edgar Dale Murniati Agustian dan BernadettaKerucut pengalaman Edgar Dale

KOMPAS.com – Pengajaran atau proses belajar dan mengajar adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Sehingga memperoleh pendidikan merupakan hak dasar sebagai manusia. Dalam pengajaran ada yang dinamakan dengan kerucut Edgar Dale.

Edgar Dale dalam buku berjudul Audiovisual Methods in Teaching (1969) menganggap kerucut merupakan analogi vidual untuk menunjukkan perkembangan belajar.

Sehingga kerucut Edgar Dale adalah representasi visual tentang bagaimana manusia mendapatkan pemahaman dari jenis pengalaman (experience) yang berbeda.

Menurut Barbara Prashnig dalam buku The Power of Diversity New Ways of Learning and Teaching through Learning Styles (1998) dengan konsep keragaman dan gaya belajar yang berbeda, pengajar lebih efektif dalam menentukan strategi pembelajaran dan peserta didik bisa menjadi pelajar yang lebih percaya diri dan lebih puas dengan kemajuan belajar mereka.

Sang Joon Lee dan Thomas reeves dalam Edgar dale and the Cone Experience (2007) menyebutkan semakin ke puncak kerucut Edgar Dale dalam pengalaman langsung ke simbol verbal, tingkat abstraksi secara bertahap meningkat.

Baca juga: Contoh Debat tentang Belajar Online

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, semakin ke puncang kerucut Edgar Dale maka akan semakin abstrak pengajaran dan semakin sedikit yang dipahami oleh siswa.

Kerucut Edgar Dale

Dari kerucut Edgar Dale terlihat dari tingkat keterlibatan visual seperti menonton film, video demostrasi, dan juga diagram hanya menghasilkan pemaam sebanyak 20 persen. 

Lalu dari belajar dengan cara mendengar guru, hanya didapatkan pemahaman sekitar 20 prsen dari apa yang diajarkan. Tingkat pemahaman siswa paling kecil didapat pada puncak kerucut Edgar Dale yaitu hanya 10 persen dari kegiatan membaca.

Edgar Dale dalam buku Audiovisual Methods in Teaching (1969) menyebutkan bahwa dasar kerucut yang luas menggambarkan pentingnya pengalaman langsung untuk komunikasi dan pembelajaran yang efektif.

Metode belajar keucut Edgar Dale

Hal ini digambarkan pada kerucut yang semakin bawah semakin besar. Dari metode belajar visual yang hanya menghasilkan 30 persen, jika turun ke bawah pada pengajaran dengan metode diskusi secara aktif maka akan mendapatkan pemahaman sebanyak 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.