Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2021, 12:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comSumber daya alam adalah sumber daya berupa material yang dimiliki bumi secara alami untuk mendukung kehidupannya di dalamnya. Berbagai sumber daya alam terserar di bumi, salah satunya adalah di dataran tinggi.

Dataran tinggi adalah daerah permukaan bumi yang memiliki ketinggan lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi memiliki berbagai sumber daya alam. 

Berikut contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 mengenai sumber daya alam di dataran tinggi dan manfaatnya bagi manusia:

  • Persediaan air

Air tawar merupakan zat yang sangat penting bagi kehidupan. Keberadaan air dalam bentuk cairlah yang membedakan bumi kita dengan planet lainnya. Dataran tinggi, terutama pegunungan memiliki pasokan air bersih yang banyak sehingga sering disebut sebagai menara air.

Dilansir dari National Geographic, secara keseluruhan, dataran tinggi mengandung sekitar setengah dari semua air tawar yang digunakan manusia. Hal ini karena gunung mencegat alirah udara, menaikkannya ke atas, dan membuatnya mengembun, berubah menjadi awan.

Awan kemudian turun menjadi hujan ataupun salju yang menjadi sumber air bersih bagi manusia. Air dari pegunungan juga menjadi hulu bagi berbagai sungai yang mengairi dunia. memberikan air tawar bagi manusia, hewan, dan juga tumbuhan untuk hidup.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

  • Hasil tambang

Dataran tinggi menyediakan barang tambang seperti seperti batu kapur dan juga belerang. Hasil tambang tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan industri dan juga sebagai mata pencarian masyarakat disekitarnya.

  • Perkebunan dan pertanian

Dataran tinggi merupakan landskap geografi yang tepat untuk membuat perkebunan. Dataran tinggi menyediakan lahan yang luas, tanah kaya nutrisi, kelembapan, serta suhu udara yang cocok untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman perkebunan.

Jenis perkebunan dan pertanian di dataran tinggi adalah kopi, teh, tembakau kakao, stroberi, apel, beri, jeruk, kina, dan yang utamanya adalah kayu.

  • Pertanian

Dataran tinggi merupakan lingkungan yang cocok untuk pertanian. Terutama sayuran seperti wortel, seladam brokoli, buncis, kentang, dan kubis.

Menurut Food and Agricultureof the United Nations dalam Opportunities for Hasnessing Zero Hunger in Asia Executive Summary (2019) pertanian di pegunungan dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan dan mata pencarian.

Hal tersebut karena perkebunan dan pertanian dataran tinggi menghasilkan sumber pangan bagi masyarakat untuk menghindari kelaparan. Selain sebagai sumber pangan, juga sebagai sumber pencarian untuk mengentaskan kemiskinan.

Baca juga: Lokasi Dataran Tinggi di Indonesia dan Ciri-Cirinya

  • Keragaman flora dan fauna

Daniel Maselli, dkk dalam Mountain Biodiversity and Global Change (2010) menyebutkan bahwan keragaman flora dan fauna adalah asuransi alam yang memainkan peran kunci dalam mempertahankan kestabilan ekosistem.

Keanekaragaman hayati menjaga kestabilan iklim, siklus air, siklus nitrogen, menyediakan bahan pangan, bahan obat-obatan, bahan sandang, dan udara bersih, serta mencegah terjadinya erosi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com