Kompas.com - 12/03/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi sejarah. SHUTTERSTOCKIlustrasi sejarah.

KOMPAS.com - Belajar sejarah sangat penting. Sejarah mengajarkan pengalaman dan kebajikan terhadap umat manusia. Tahukah kamu apa pentingnya belajar sejarah?

Sejarah

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, secara umum definisi sejarah adalah sebuah kejadian yang berlangsung terhadap waktu lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan beragam peristiwa.

Kerangka sejarah mencakup mengenai enam dimensi yaitu apa, kapan, di mana, mengapa, siapa dan bagaimana. Berikut ini penjelasannya:

  1. Apa: menunjuk pada peristiwa yang terjadi di msaa lampau.
  2. Kapan: menunjuk kepada waktu terjadinya peristiwa tersebut.
  3. Di mana: menunjuk kepada tempat peristiwa itu terjadi.
  4. Mengapa: menunjuk kepada hubungan sebab akibat dari sebuah peristiwa sejarah yang terjadi.
  5. Siapa: menunjuk kepada siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sejarah yang terjadi.
  6. Bagaimana: menunjuk kepada bagaimana peristiwa sejarah bisa terjadi dan menjelaskan tentang proses dari sebuah peristiwa yang terjadi.

Baca juga: Apa itu Sejarah? Definisi hingga Syarat Sejarah

Setiap bangsa di bumi ini mempunyai sejarah masing-masing meski tidak semua bangsa mempunyai catatan sejarah secara tertulis.

Dengan mempelajari sejarah sama dengan mengenal diri sendiri. Sebaliknya, melupakan sejarah sama dengan orang yang menderita hilang ingatan.

Sejarah merupakan petunjuk tentang apa dan siapa manusia itu sebenarnya. Sejarah adalah pengalaman manusia dan ingatan manusia yang diceritakan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manusia berperan dalam sejarah yaitu sebagai pembuat sejarah. Karena manusia yang membuat pengalaman menjadi sejarah. Manusia adalah penutur sejarah yaitu yang membuat cerita sejarah (sumber sejarah).

Kisah manusia dibatasi oleh waktu, ruang dan tempat manusia itu berada. Dari sudut pandang waktu dan ruang, kreativitas manusia di masa lampau berbeda dengan kreativitas manusia masa kini.

Pemahaman tentang ruang dan waktu diperlukan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kronologis.

Baca juga: Sumber Sejarah Primer dan Sekunder

Pentingnya belajar sejarah

Perubahan yang terjadi pada masa lalu memengaruhi kehidupan manusia di masa kini. Perubahan tersebut meliputi berbagai aspek kehidupan manusia seperti sosial, politik, ekonomi dan budaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X