Kompas.com - 15/09/2021, 12:00 WIB
Petani garam sedang mengurai serta mengeringkan garam Humas Kementerian Kelautan dan PerikananPetani garam sedang mengurai serta mengeringkan garam

KOMPAS.com – Pantai merupakan daerah yang menjadi batas antara daratan dan air laut. Menurut Sandy dalam Pantai dan Wilayah Pesisir (1996) pantai adalah bagian muka bumi dari muka air laut rata-rata terendah sampai muka air laut rata-rata tertinggi.

Pantai merupakan salah satu landskap geografis bumi yang memiliki banyak sumber daya. Berikut contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 mengenai sumber daya alam di pantai dan manfaatnya bagi manusia:

  • Hutan bakau

Dilansir dari Food and Agriculture Organization of the United Nations, sekitar 24 juta hutan mangrove terdapat di sepanjang wilayah pesisir negara-negara subtropis dan tropis di dunia.

Hutan bakau terdiri dari pohon bakau atau mangrove yang berfungsi mencegah intrusi air laut dan mencegah terjadinya pengikisan daratan.

Hutan bakau juga merupakan rumah bagi berbagai krustasea sepert kepiring, udang, teritip, dan juga berbagai spesies kerang dan ikan. Selain krustasea, hutan bakau juga menjadi habitat bagi berbagai jenis burung dan monyet.

Baca juga: Lokasi Pantai di Indonesia dan Ciri-Cirinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Garam laut

Air laut asin karena mengandung garam. Dilansir dari Natural History Museum, natrium klorida merupakan konstituen utama garam yang membentuk lebih dari 90 persen dari semua ion yang ditemukan di air laut.

Bumi terdiri dari 70 persen air laut, artinya air laut menyediakan sumber daya garam yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan manusia.

  • Rumput laut dan padang lamun

Pantai yang luas, terutama perairan dangkal menyediakan rumput laut dan juga lamun dalam jumlah yang sangat banyak. Walaupun merupakan tumbuhan yang berbeda, keduanya menyediakan tempat berlindung bagi beberpa hewan laut dan sumber makanan bagi hewan-hewan lainnya.

Rumput laut dan padang lamun biasanya terbentuk di antara hutan bakau dan juga terumbu karang. Mereka menyediakan nutrisi dalam jumlah besar, tempat perlindungan bagi telur ikan, dan juga mengikat sedimen untuk mengurangi polutan air laut. Selain fungsi tersebut, rumput laut juga dijadikan sebagai bahan pangan dengan berbagai manfaat.

  • Pohon kelapa

Salah satu sumber daya alam yang berlimpah di pantai adalah pohon kelapa. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pohon kelapa dengan nama latin Cocos nucifera adalah anggota keluarga palem Arecaceae dan juga satu-satunya anggota marga Cocos.

Pohon kelapa di pantai dimanfatkan daging buahnya untuk dimakan, airnya untuk diminum, kayunya untuk dijadikan bahan furnitur, dan sabut, daun, serta batoknya untuk kerajinan.

Baca juga: Kondisi Geografis Daerah Pantai, Daratan, dan Pegunungan

  • Ikan

Ikan merupakan sumber daya alam pantai yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Dilansir dari World Atlas, para ilmuan memperkirakan jumlah ikan yang berada di lautan adalah 3,5 miliyar ekor. Dan pantai merupakan penyambung antara lautan juga daratan, di mana manusia bisa mendapatkan ikan.

Selain ikan liar, pantai juga memungkinkan manusia untuk melakukan budidaya ikan air asin seperti ikan kerapu, ikan kakap, ikan makare, dan juga ikan kembung. Selain ikan, pantai juga menyediakan budidaya kerang mutiara, kerang, lobster, kepiting, dan juga udang.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.