Kompas.com - Diperbarui 14/09/2021, 17:47 WIB
Ilustrasi penemuan pesawat terbang freepik.com/jcompIlustrasi penemuan pesawat terbang

KOMPAS.comPesawat terbang menjadi pilihan transportasi untuk menjelajahi banyak wilayah. Transportasi ini sudah ada sejak 1903 dan sampai saat ini masih terus digunakan.

Disadari atau tidak, penemuan pesawat terbang telah membawa banyak dampak bagi kehidupan warga dunia.

Sejarah penemuan pesawat terbang

Menurut Delik Iskandar dalam buku Ensiklopedia Seri Sang Penemu 2 (2019), pesawat terbang ditemukan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright. Dua bersaudara ini dikenal ahli dalam bidang mekanika.

Mereka sangat berkeinginan untuk bisa menerbangkan manusia. Orville dan Wilbur Wright melakukan banyak upaya untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Mulai dari mengumpulkan uang hingga melakukan serangkaian percobaan pembuatan pesawat terbang.

Akhirnya pada 1903, tepatnya pada 17 Desember 1903, Orville dan Wilbur Wright menerbangkan pesawat terbang yang telah mereka rancang sebelumnya.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pesawat terbang terus dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat. Mengutip dari buku Informasi dalam Konteks Sosial Budaya (2020) karya Rhoni Rodin, inovasi pesawat terbang terus dilakukan semenjak 1903.

Contohnya pesawat terbang membutuhkan lahan untuk lepas landas dan mendarat, sehingga dibuatlah bandar udara. Contoh lainnya, pesawat terbang dibuat sedemikian rupa supaya bisa mengangkut barang dan manusia.

Dampak penemuan pesawat terbang

Apakah penemuan dalam bidang pesawat terbang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di bidang ekonomi?

Tentu saja penemuan pesawat terbang menimbulkan banyak dampak bagi seluruh warga dunia, termasuk kehidupan sosial budaya di bidang ekonomi. Penemuan pesawat terbang mempermudah masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam dalam Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, penemuan pesawat terbang menghasilkan banyak lapangan pekerjaan yang dapat dikerjakan manusia, seperti pilot, pramugara dan pramugari, staf bandara, penjual tiket, dan masih banyak lagi.

Selain itu, penemuan pesawat terbang juga mempermudah kegiatan ekonomi di suatu wilayah. Contohnya dengan ada bandar udara dan pesawat, pengiriman barang atau kebutuhan ekonomi menjadi lebih mudah dilakukan.

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.