Kompas.com - 14/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi ruang dalam geografi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi ruang dalam geografi

KOMPAS.com – Geografi adalah suatu ilmu yang dipelajari manusia sejak sekolah dasar. Menurut R. Bintaro dan Surastopo Hadi Sumarmo dalam Metode Analisis Geografi (1991) geografi adalah ilmu yang memberikan deskripsi teratur tentang bumi.

Penekanannya diutamakan pada geografi sebagai studi mengenai organisasi keruangan yang dinyatakan sebagai pola-pola atau proses-proses.

R. Bintaro dalam buku Geografi Sosial Cetakan Kedua (1997) juga mengatakan bahwa ilmu geografi adalah ilmu yang mencitra, menerangkan sifar bumi, menganalisis gejala alam, dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Sehingga konsep ruang adalah ilmu geografi adalah hal yang penting. Knox dan Marston dalam buku Places and Regions in Global Context: Human Geography (2007) menyebutkan bahwa ada tiga konsep ruang dalam geografi yaitu ruang aboslut, ruang relatif, dan ruang kognitif. Berikut penjelasannya:

  • Ruang absolut

Ruang dalam geografi yang pertama adalah ruang absolut. Dilansir dari Universe Today, ruang absolut adalah ruang sebagai titik referensi mutlak yang tidak bergerak untuk menjaga sistem inersia yang ada di dalamnya. Konsep ruang absolut berarti ruang secara geografis yang tetap, tidak berubah dan hadir sebagai obyek yang independen.

Baca juga: 4 Prinsip Ilmu Geografi dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga pengertian ruang yang didefinisikan oleh lokasi pada garis lintang dan bujur, merupakan pengertian dari ruang absolut. Misalnya ruang kota Jakarta yang terletak dalam 60º 8’ lintang selatan dan 106º 48’ bujur timur.

  • Ruang relatif

Konsep ruang relatif adalah konsep yang mendefinisikan ruang sebagai hubungan antara peritiwa, lokasi, ataupun obyek lain. Artinya ruang bergantung pada obyek lain dan tidak hadir sebagai obyek independen.

Contoh ruang relatif pada geografi adalah ruang sosial, ruang ekonomi, dan ruang relasional. Yang semuanya tidak bisa dipandang sebagai ruang absolut karena berhubungan dengan peristiwa lain.

  • Ruang kognitif

Ruang terakhir dalam geografi adalah kognitif. Menurut Sukamal Maity dalam Human Geography (Space) (2019) ruang kognitif didefinisikan dan diukur dalam hal nilai, perasaan, keyakinan, dan persepsi.

Sehingga ruang kognitif merupakan ruang yang dikenali atas interaksi manusia dan lingkungannya. Contoh ruang kognitif adalah ruang perilaku, jalan, landmark, dan juga lingkungan.

Baca juga: Perbedaan Studi Geografi Klasik dan Modern


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.