Kompas.com - 14/09/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi penduduk KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi penduduk

KOMPAS.comPenduduk dan bukan penduduk merupakan bagian dari warga atau kelompok masyarakat yang tinggal di suatu daerah. Keduanya memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari beberapa faktor.

Pengertian penduduk dan bukan penduduk

Menurut Bailah dalam buku Pengelolaan Administrasi Penduduk Desa (2019), penduduk merupakan sejumlah orang yang tinggal di suatu daerah pada suatu negara. Umumnya orang tersebut tinggal dalam kurun waktu lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun.

Bukan penduduk adalah sejumlah orang yang tinggal di suatu daerah pada suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Biasanya warga yang termasuk bukan penduduk mendiami suatu wilayah karena memiliki tujuan tertentu, seperti berwisata atau meakukan study.

Perbedaan penduduk dan bukan penduduk

Mengutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan (2015) karya Wahyu Widodo dan kawan-kawan, perbedaan penduduk dan bukan penduduk menimbulkan hak dan kewajiban yang berbeda antara keduanya.

Oleh karena penduduk merupakan bagian dari sebuah negara, maka hak dan kewajibannya bersifat mutlak dimiliki dan dijalankan selama menjadi bagian dari sebuah negara. Contohnya hak mendapat pendidikan dan pekerjaan, serta kewajiban membayar pajak.

Baca juga: Apa Penduduk Asli Pulau Sulawesi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan bukan penduduk tidak menjadi bagian langsung dari sebuah negara, sehingga hak dan kewajibannya tetap dapat dimiliki serta dijalankan selama tinggal di daerah tersebut.

Contoh hak bukan penduduk adalah tinggal sementara di sebuah daerah dan keamanan serta kenyamanannya dijamin. Contoh kewajiban bukan penduduk adalah berperilaku baik sesuai norma yang berlaku di daerah tersebut.

Berikut ini yang membedakan penduduk dan bukan penduduk adalah domisili atau tempat tinggal resmi. Penduduk mempunyai domisili, dan tinggal di tempat tersebut dalam jangka waktu lama.

Sedangkan bukan penduduk hanya tinggal sementara di domisili. Mereka tidak memiliki maksud untuk tinggal menetap atau dalam jangka waktu lama, sehingga disebut bukan penduduk. Selain itu, mereka juga punya alasan yang mendasari mengapa tinggal sementara di sebuah domisili.

Baca juga: Dinamika Penduduk: Angka Kelahiran, Kematian, dan Perpindahan Penduduk

Apabila dirangkum, setidaknya ada dua perbedaan penduduk dan bukan penduduk, yakni:

  1. Hak dan kewajiban
    Penduduk memiliki hak dan kewajiban yang dapat dimiliki selama menjadi bagian dari sebuah negara. Sedangkan hak dan kewajiban bukan penduduk hanya bisa didapat selama mereka tinggal sementara di sebuah negara.
  2. Lama waktu tinggal
    Penduduk tinggal di sebuah domisili dalam jangka waktu lama atau bahkan menetap. Sedangkan lama waktu tinggal bukan penduduk hanyalah sementara atau waktunya singkat.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.