Kompas.com - 27/04/2021, 13:47 WIB
Pulau Sulawesi wikipedia.org/commonsPulau Sulawesi

KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan kekayaan suku dan budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, semuanya memiliki ciri khas suku dan budayanya masing-masing.

Salah satunya Pulau Sulawesi. Pulau ini memiliki keberagaman suku, mulai dari penduduk asli hingga penduduk pendatang.

Penduduk asli artinya orang atau kelompok orang yang mendiami suatu wilayah sejak awal mula. Sedangkan penduduk pendatang berasal dari daerah lain dan mendiami wilayah baru.

Contoh penduduk pendatang di Sulawesi adalah suku Jawa yang cukup berkembang pesat di pulau ini. Bagaimana dengan penduduk asli Pulau Sulawesi?

Baca juga: Sikap Terhadap Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia

Mengutip dari jurnal berjudul Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia dalam Konteks Persatuan Negara (2017) karya Agus Joko Pitoyo dan Hari Triwahyudi, Sulawesi merupakan salah satu pulau besar yang terdapat di indonesia. Penduduk asli di Pulau Sulawesi adalah:

Acara Mattojang dan Padendang atau seni menumbuk lesung dengan irama tertentu digelar Komunitas Suku Bugis di Madimeng, Kelurahan Maminasae, Kecamatan Palateang Pinrang, Sulawesi Selatan, Senin (25/9/2017).KOMPAS.com/JUNAEDI Acara Mattojang dan Padendang atau seni menumbuk lesung dengan irama tertentu digelar Komunitas Suku Bugis di Madimeng, Kelurahan Maminasae, Kecamatan Palateang Pinrang, Sulawesi Selatan, Senin (25/9/2017).
Suku Bugis

Warga suku Bugis mendiami Sulawesi Selatan bagian tengah. Dilansir dari jurnal berjudul Mengenal Pusat Kebudayaan Maritim: Suku, Bajo, Suku Bugis, Suku Mandar di Segitiga Emas Nusantara, karya Afied Nurkholis, orang Bugis berasal dari migrasi pertama orang Asia.

Sehingga selama bertahun-tahun, orang Asia tersebut mendiami Sulawesi Selatan. Suku Bugis menjadi salah satu bagian terpenting dalam kebudayaan bahari.

Jumlah penduduk suku ini cukup mendominasi jumlah masyarakat Sulawesi.

Suku Makassar

Warga suku Makassar banyak mendiami Sulawesi Selatan, khususnya di daerah Makassar. Masyarakat suku ini banyak yang dikenal sebagai pelaut. Jumlah warganya tidak sebanyak suku Bugis, namun cukup mendominasi total penduduknya.

Baca juga: Baju Pattuqduq Towaine dari Suku Mandar, Sulawesi Barat

Suku Mandar

Warga suku Mandar banyak yang bermukim di wilayah pesisir Sulawesi Barat. Suku Mandar juga berorientasi pada bahari. Tidak hanya itu, penduduk suku Mandar juga dikenal sangat baik dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Salah satu contohnya, yakni perahu Sandeq yang termasuk dalam teknologi perikanan. Sandeq dibuat melalui ritual tertentu, seperti proses awal pembuatan, proses pembuatan dan proses setelah perahu jadi.

Perahu ini memiliki tingkat kecepatan yang tergolong tinggi sebagai perahu tidak bermesin.

Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.BARRY KUSUMA Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Suku Toraja

Warga suku Toraja mendiami perbatasan Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Suku ini cukup mendominasi jumlah penduduk di Pulau Sulawesi. Suku Toraja sangat dikenal dengan adat pemakaman dan rumah adat Tongkonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.