Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Lagu Daerah

Kompas.com - 10/09/2021, 16:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comLagu daerah identik dengan suatu wilayah. Karena lagu ini mencerminkan kebudayaan serta kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Lagu daerah mempunyai beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis lagu lainnya.

Menurut Siti Rochani dalam buku Lagu Daerah (2012), lagu daerah merupakan jenis lagu yang mempunyai ciri khas berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Lagu daerah biasanya menggunakan syair daerah setempat sehingga mudah dipelajari dan mengandung unsur kerakyatan.

Lagu daerah diciptakan berdasarkan kebudayaan serta adat istiadat di daerah tersebut. Berbeda dengan jenis lagu lainnya, lagu daerah tergolong sederhana dan populer di wilayah asal lagu tersebut. Biasanya lagu daerah dinyanyikan oleh warga setempat dalam acara penting, misalnya festival kebudayaan, upacara adat, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Lagu Daerah di Indonesia

Ciri-ciri lagu daerah

Dalam jurnal Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyanyi Lagu Daerah melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya bagi Siswa Kelas VII A SMP Murni 1 Surakarta Semester 1 Tahun 2016/2017 (2018), disebutkan beberapa ciri lagu daerah:

  1. Lagu daerah mengandung suatu makna
    Artinya lagu daerah yang diciptakan mengandung makna sesuai nilai kehidupan dan kebudayaan di kawasan setempat.
  2. Memuat pesan
    Artinya lagu daerah yang diciptakan memuat pesan penting yang ingin disampaikan kepada pendengarnya.
  3. Lagu daerah menggunakan bahasa daerah
    Artinya lagu daerah menggunakan bahasa daerah yang sesuai dengan wilayah tersebut. Contohnya lagu daerah Jawa Tengah menggunakan bahasa Jawa.
  4. Memiliki irama serta melodi yang sederhana
    Artinya lagu daerah memiliki irama dan melodi yang cenderung sederhana. Sehingga tidak sulit dinyanyikan oleh masyarakat sekitar.

Selain ciri di atas, mengutip dari jurnal Rancang bangun Apliaksi Mobile sebagai Media Pelestarian Lagu Tradisional dan Nasional Indonesia Berbasis Android (2015) karya Dyina Shoful Imam dan Heri Sismoro, ciri lain dari lagu daerah adalah nama penciptanya tidak diketahui.

Artinya sebuah lagu daerah biasanya diciptakan oleh seseorang yang tidak diketahui namanya atau anonim. Walau begitu, lagu ini bisa terus berkembang karena masyarakat daerah melestarikan dan mewariskannya ke generasi selanjutnya.

Baca juga: 5 Lagu Daerah di Jawa Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com