Kompas.com - 10/09/2021, 13:00 WIB
Contoh alat-alat instalasi listrik di rumah. pinterest.com /Boggle UpContoh alat-alat instalasi listrik di rumah.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Semenjak ditemukan, listrik menjadi sumber energi yang merevolusi teknologi dan kehidupan manusia.

    Modern ini, manusia sangat bergantung pada listrik. Dari mulai penerangan, menyalakan peralatan elektronik, transportasi, hingga industri, semua bergantung pada listrik sebagai sumber energi.

    Kulkas, mesin cuci, lampu, pengering rambut, mengisi baterai telepon seluler dan laptop, semuanya membutuhkan listrik. Berikut alat bantu dalam pemasangan instalasi listrik, yaitu:

    • Bargainser

    Robert Gunawan dalam jurnal Penerapan Optical Character Recognition (OCR) untuk Pembacaan Meteran Listrik PLN (2014), menyebutkan bahwa bargainser adalah alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal, sekaligus juga berfungsi sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan rumah tinggal tersebut (dalam kWh).

    Bargainser membatas listrik dari kabel PLN ke rumah sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai jenis batasan daya listrik bargainser yaitu 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, 6.600 VA, hingga 300 kVA sesuai kebutuhan rumah tersebut.

    Baca juga: Alat dan Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Miniature Circuit Breaker

    Dilansir dari Electrical4U, miniature circuit breaker (MCB) adalah sebuah saklar listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan arus, kelebihan beban, atau korsleting.

    Sehingga MCB adalah alat instalasi listrik yang berfungsi memutuskan daya listrik jika ada kondisi abnormal secara otomatis.

    MCB dapat memutuskan listrik dalam waktu singkat sehingga melindungi rumah dari kebakaran yang bisa disebabkan korsleting listrik.

    • Meter listrik (kWh meter)

    Surya Darma dalam jurnal Studi Sistem Peneraan KWH Meter (2019) menyebutkan bahwa kilo watt hour (kWh) meter adalah alat untuk mengukur energi aktif atau jumlah kerja listrik (watt per jam). Meter listrik di rumah biasanya telah menyatu dengan bargainser.

    • Spin control

    Spin control adalah alat indikator pemakaian listrik. Spin control akan berputar ketika daya listrik digunakan.

    Halaman:

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.