Kompas.com - 10/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi bukti-bukti globalisasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi bukti-bukti globalisasi

KOMPAS.comGlobalisasi merupakan suatu proses yang mendunia. Dilansir dari National Geographic, globalisasi adalah sitilah yang menggambarkan bagaimana perdagangan dan teknologi menghubungkan dunia, membuat manusia di dalamnya saling bergantung.

Globalisasi mengurangi batas antara daerah di dunia, menghubungkan manusia dari berbagai belahan dunia, membentuk suatu jaringan global. Jaringan tersebut semakin besar dan semakin rumit, perlahan mempersatukan semua manusia di muka bumi.

Namun, apakah globalisasi benar-benar terjadi atau hanya sebuah istilah yang muncul karena teknologi? Jawabannya ya, globalisasi benar-benar terjadi.

Bukti-bukti globalisasi

Berikut adalah bukti-bukti terjadinya globalisasi:

  • Bidang komunikasi

Bukti adanya globalisasi yang paling jelas terlihat datang dari bidang komunikasi. Di mana internet menghubungkan manusia dari berbagai belahan bumi untuk bisa berkomunikasi secara jarak jauh.

Dilansir dari Statista, pada Januari 2021 terhitung ada 4,66 miliar pengguna internet aktif di dunia. Artinya sekitar 59,9 persen manusia yang hidup di bumi menggunakan internet secara aktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya internet, manusia bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi satu sama lain. Media sosial dan media digital adalah contoh globalisasi dalam bidang komunikasi.

  • Bidang ekonomi

Niklas Potrafke dalam The Evidence on Globalization (2014) menyebutkan bahwa globalisasi memacu pertumbuhan ekonomi dengan berbagai alasan, terutama di negara-negara berkembang.

Globalisasi menghubungkan negara-negara di dunia, memungkinkan hubungan politik juga perdagangan internasional. Perdagangan internasional memacu suatu negara menjadi lebih produktif karena terbukanya pasar yang lebih besar juga saingan yang lebih banyak.

Sehingga memberikan lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan perkapita, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Contoh globalisasi dalam bidang ekonomi adalah ekspor dan impor produk pemenuhan kebutuhan manusia.

  • Bidang transportasi

Transportasi dipercayai merupakan hasil teknologi yang merupakan kunci globalisasi. Majunya bidang transportasi merupakan bukti dari globalisasi. Teknologi transportasi secara mendasar telah mengubah jarak dan waktu manusia di seluruh dunia.

Manusia bisa berpindah dengan cepat dan aman menggunakan berbagai moda transportasi. Tidak hanya manusia, barang dagangan dan komoditas juga bisa dipindahkan menggunakan moda transportasi yang menyokong bidang ekonomi.

  • Gaya hidup

Aleya Abdel-Hadi dalam jurnal berjudul Culture, Quality of life, Globalization and Beyond (2012) menyebutkan gaya hidup adalah sikap, nilai, atau pandangan individu tentang politik, agama, kesehatan, keintiman, dan sebagainya.

Di mana pandangan tersebut mengubah gaya hidup, dengan cara memberikan kebiasaan baru. Globalisasi memengaruhi cara pandang manusia dan merubah gaya hidup sesuai dengan kehendak manusia tersebut.

Misalnya gaya hidup sehat, gaya hidup vegetarian, gaya hidup hedonisme, hingga gaya hidup konsumtif dapat terbentuk karena adanya globalisasi. Selera makanan, hiburan, dan juga pakaian turut serta menjadi perubahan gaya hidup akibat globalisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.