Kompas.com - 10/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi jenis-jenis profesi freepik.com/macrovectorIlustrasi jenis-jenis profesi
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Manusia hidup di dunia melakukan berbagai macam kegiatan termasuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Manusia memiliki profesi yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pendidikan, minat, bakat, dan juga keahliannya.

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, profesi diartikan sebagai bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu.

    Howard M. Volmer dan Donald D. Mills dalam buku Professionalization (1996) menyebutkan bahwa profesi adalah suatu pekerjaan yang menuntut kemampuan intelektual khusus yang diperoleh melalui kegiatan belajar dan pelatihan yang bertujuan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu.

    Ada banyak profesi, bergantung dalam bidang kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 contoh profesi yang umum diketahui, sekaligus fungsi atau tugas dan perannya: 

    • Guru

    Guru merupakan suatu profesi yang bekerja untuk mendidikan murid. Ahmad Sopian dalam jurnal Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan (2016) menyebutkan peran dan fungsi guru adalah mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih anak didiknya.

    Baca juga: Jenis-Jenis Pekerjaan Berdasarkan Letak Geografis

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Pemotong dan penata rambut

    Pemotong dan penata rambut adalah profesi yang memerlukan keahlian khusu untuk memotong dan menata rambut seseorang. Profesi tukang potong rambut bisa didapatkan dengan kursus dan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat penata rambut.

    • Nelayan

    Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: Per.17/MEN/2006 tentang Usaha Perikanan Tangkap, nelayan adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan. Orang yang secara langsung dan tidak langsung berprofesi menangkap ikan, disebut dengan nelayan.

    • Dokter

    Mas’ud Idris dalam jurnal Tanggung Jawab dan Etika Profesi Dokter dalam Bidang Hukum (2009) menyebutkan sebagai suatu profesi, ilmu kedokteran diharapkan dapat menghasilkan dokter yang menguasi ilmu teori dan praktik kedokteran beserta perilaku dan etika yang mulia pula.

    Dokter bertugas memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan bertanggung jawab atas pelayanan tersebut sesuai dengan kode etik kedokteran yang berlaku.

    • Apoteker

    Veronica Komalawati dalam jurnal Tanggung Jawab Apoteker dalam Pelayanan Obat dengan Resep Dokter (2020) apoteker merupakan profesi yang memberikan pelayanan obat atau kefarmasian sebagai salah satu bagian dari pelayanan kesehatan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta, yaitu anata lain dengan mendirikan apotek.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.