Kompas.com - 09/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi fungsi ide pokok KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi fungsi ide pokok

KOMPAS.comIde pokok atau gagasan pokok bisa ditemukan di setiap paragraf dalam sebuah teks. Ide pokok menjadi dasar atau fondasi bagaimana sebuah paragraf dikembangkan.

Dengan mencari ide pokok, kita bisa mendapat sedikit gambaran mengenai isi paragraf tersebut. Apa itu ide pokok?

Definisi ide pokok

Menurut Rapita dalam jurnal Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf melalui Pembelajaran One to One Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bastem (2018), ide pokok adalah ide yang mendasari susunan sebuah paragraf dalam bacaan.

Ide pokok yang dikembangkan lagi dengan kalimat yang lebih mendalam disebut ide pendukung atau ide penjelas. Gabungan antar keduanya menciptakan paragraf yang utuh dan tersusun baik. Dalam satu paragraf hanya akan ada satu ide pokok saja.

Dikutip dari jurnal Kemampuan Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Palu menentukan Ide Pokok dalam Paragraf (2018) karya Herawati, dkk, ide pokok sering juga dikenal dengan istilah pikiran utama, gagasan utamal atau kalimat utama.

Baca juga: Transisi Paragraf: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya ide pokok terletak di bagian awal atau paragraf deduktif, bagian akhir atau paragraf induktif, serta di bagian awal dan akhir atau paragraf campuran. Ide pokok bisa didapatkan setelah membaca keseluruhan paragraf dan mencari kalimat utamanya.

Ciri ide pokok

Melansir dari jurnal Kemampuan Menentukan Ide Pokok dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (2018) karya Marchella Praserda Kartika, ide pokok mempunyai beberapa ciri, yakni:

  1. Keberadaan ide pokok tidak boleh berbelit-belit
    Artinya makna ide pokok tidak boleh terlalu sempit atau terlalu luas, supaya pembaca dapat dengan mudah menangkap serta memahaminya.
  2. Ide pokok harus dinyatakan secara jelas
    Artinya makna ide pokok digambarkan secara jelas oleh penulisnya, baik dari segi letaknya atau inti yang ingin disampaikan.
  3. Sifatnya umum
    Artinya ide pokok mengandung suatu hal yang umum. Dari hal umum ini kemudian bisa dijabarkan secara lebih spesifik di kalimat berikutnya.
  4. Mempunyai kalimat pendukung
    Artinya ide pokok harus mempunyai kalimat pendukung atau ide penjelas. Kalimat ini digunakan untuk memperjelas ide pokok.

Baca juga: 5 Contoh Paragraf Narasi

Fungsi ide pokok

Fungsi ide pokok adalah pembaca mengetahui inti atau pokok bahasan pada suatu paragraf dalam bacaan. Harapannya ketika dibaca, inti paragrafnya dapat langsung tersampaikan.

Agar bisa menemukan ide pokok, pembaca harus melihat keseluruhan isi paragraf, mencari kalimat utama, serta menandai informasi penting yang ada.

Contoh ide pokok

Contoh 1:

Kucing adalah binatang mamalia pemakan daging dan termasuk suku Felidae. Kucing ada yang berukuran kecil, namun ada pula yang besar. Binatang ini mempunyai cakar berbentuk arit, yang digunakannya untuk menangkap atau mencakar sesuatu. Kucing mempunyai penglihatan yang sangat tajam. Oleh karena tingkah laku dan mukanya yang imut, kucing banyak dipelihara sebagai hewan rumahan. Contohnya kucing anggora yang berbulu lembut dan panjang.

Kalimat utama dari paragraf di atas:

Kucing adalah binatang mamalia pemakan daging dan termasuk suku Felidae.

Kalimat penjelas:

  1. Kucing ada yang berukuran kecil, namun ada pula yang besar.
  2. Binatang ini mempunyai cakar berbentuk arit, yang digunakannya untuk menangkap atau mencakar sesuatu.
  3. Kucing mempunyai penglihatan yang sangat tajam.

Ide pokok paragraf di atas:

Pembahasan tentang binatang kucing.

Baca juga: Paragraf Argumentasi: Definisi, Ciri-Ciri, Pola, dan Contoh Kalimatnya

Contoh 2:

Indonesia dikenal dengan kekayaan dan keberagaman budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menjelajahi dan melihat betapa kayanya Indonesia. Mulai dari keberagaman suku, budaya, bahasa, hingga agama. Walau sangat beragam, hal ini tidak menjadikan Indonesia sebagai negara yang tercerai berai. Sebaliknya, masyarakat Indonesia bersatu dan selalu mempertahankan persatuan. Masyarakat Indonesia juga selalu berupaya untuk menerapkan toleransi dan cinta damai di antar sesamanya.

Kalimat utama dari paragraf di atas:

Indonesia dikenal dengan kekayaan dan keberagaman budayanya.

Kalimat penjelas:

  1. Mulai dari keberagaman suku, budaya bahasa hingga agama. Walau sangat beragam, hal ini tidak menjadikan Indonesia sebagai negara yang tercerai berai.

Ide pokok paragraf di atas:

Kekayaan dan keberagaman budaya di Indonesia, yang membuat masyarakatnya selalu bersatu, mempertahankan persatuan, dan berupaya untuk menerapkan toleransi serta cinta damai.

Baca juga: Pengertian dan Cara Menentukan Pokok Pikiran Paragraf

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.