Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Modernisasi dan Globalisasi

Kompas.com - 09/09/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan sosial masyarakat erat kaitannya dengan modernisasi dan globalisasi. Keduanya membawa dampak bagi kehidupan warga dunia, baik positif atau negatif.

Walau terkesan serupa, sebenarnya modernisasi dan globalisasi adalah dua hal berbeda.
Apa perbedaan modernisasi dan globalisasi?

Pengertian modernisasi

Menurut Ellya Rosana dalam jurnal Modernisasi dan Perubahan Sosial (2011), modernisasi merupakan proses transformasi perubahan ke arah yang lebih maju atau adanya peningkatan dalam kehidupan masyarakat.

Dalam jurnal Dampak Modernisasi terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat (2019) karya Asnawati Matondang, modernisasi juga bisa diartikan perubahan masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern di seluruh aspek kehidupannya.

Baca juga: Penyebab Globalisasi

Pengertian globalisasi

Mengutip dari jurnal Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia (2015), karya Nurhaidah dan M. Insya Musa, globalisasi merupakan keterkaitan serta ketergantungan antar bangsa dan manusia di seluruh dunia, dalam kaitannya dengan ekonomi, budaya, pendidikan, dan lainnya.

Globalisasi membuat dunia semakin sempit karena batasnya perlahan menghilang. Globalisasi membawa dampak penting bagi manusia. Karena struktur kehidupan di berbagai bidang mulai berubah dengan adanya globalisasi.

Perbedaan modernisasi dan globalisasi

Apabila melihat pengertian modernisasi dan globalisasi, keduanya memang berbeda. Walau sebenarnya kedua hal ini membawa dampak dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Berikut beberapa perbedaan modernisasi dan globalisasi:

Modernisasi Globalisasi
Modernisasi merupakan proses transformasi ke arah yang lebih modern Globalisasi adalah kondisi saling terhubungnya negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia
Modernisasi memunculkan perubahan dari tradisional ke modern Globalisasi membuat dunia semakin sempit karena tidak adanya batasan pasti
Modernisasi dipengaruhi oleh penemuan baru Globalisasi disebabkan dan dipengaruhi oleh penemuan baru

 Baca juga: Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com