Kompas.com - 09/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi perbedaan modernisasi dan globalisasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi perbedaan modernisasi dan globalisasi

KOMPAS.com - Kehidupan sosial masyarakat erat kaitannya dengan modernisasi dan globalisasi. Keduanya membawa dampak bagi kehidupan warga dunia, baik positif atau negatif.

Walau terkesan serupa, sebenarnya modernisasi dan globalisasi adalah dua hal berbeda.
Apa perbedaan modernisasi dan globalisasi?

Pengertian modernisasi

Menurut Ellya Rosana dalam jurnal Modernisasi dan Perubahan Sosial (2011), modernisasi merupakan proses transformasi perubahan ke arah yang lebih maju atau adanya peningkatan dalam kehidupan masyarakat.

Dalam jurnal Dampak Modernisasi terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat (2019) karya Asnawati Matondang, modernisasi juga bisa diartikan perubahan masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern di seluruh aspek kehidupannya.

Baca juga: Penyebab Globalisasi

Pengertian globalisasi

Mengutip dari jurnal Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia (2015), karya Nurhaidah dan M. Insya Musa, globalisasi merupakan keterkaitan serta ketergantungan antar bangsa dan manusia di seluruh dunia, dalam kaitannya dengan ekonomi, budaya, pendidikan, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Globalisasi membuat dunia semakin sempit karena batasnya perlahan menghilang. Globalisasi membawa dampak penting bagi manusia. Karena struktur kehidupan di berbagai bidang mulai berubah dengan adanya globalisasi.

Perbedaan modernisasi dan globalisasi

Apabila melihat pengertian modernisasi dan globalisasi, keduanya memang berbeda. Walau sebenarnya kedua hal ini membawa dampak dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Berikut beberapa perbedaan modernisasi dan globalisasi:

Modernisasi Globalisasi
Modernisasi merupakan proses transformasi ke arah yang lebih modern Globalisasi adalah kondisi saling terhubungnya negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia
Modernisasi memunculkan perubahan dari tradisional ke modern Globalisasi membuat dunia semakin sempit karena tidak adanya batasan pasti
Modernisasi dipengaruhi oleh penemuan baru Globalisasi disebabkan dan dipengaruhi oleh penemuan baru

 Baca juga: Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.