Kompas.com - 10/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi roundup pada Microsoft Excel Youtube/ Sarjana ITIlustrasi roundup pada Microsoft Excel
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.comMicrosoft excel merupakan program pengolah angka. Program ini dijalankan dengan memakai sejumlah fungsi seperti yang sudah ditentukan dalam Excel. Fungsi ini dimanfaatkan untuk mengolah dan menganalisis data atau angka yang sudah dimasukkan.

Dalam buku Bekerja Lebih Optimal dengan Fungsi Excel (2014) karya Christopher Lee, fungsi adalah bagian rumus khusus di microsoft excel yang digunakan untuk menghasilkan data atau angka tertentu.

Karena fungsi sebenarnya bagian dari rumus, maka penulisannya didahului dengan tanda sama dengan (=). Untuk nama fungsinya, bisa ditulis dengan huruf besar atau huruf kecil. Saat menulis fungsi, perhatikan tanda baca dan penggunaan spasi.

Fungsi ROUNDUP

Excel mempunyai banyak fungsi di dalamnya. Seperti yang disebutkan di atas, fungsi ini digunakan untuk menghasilkan data atau angka yang telah dimasukkan oleh penggunanya. Salah satu contoh fungsi dalam microsoft excel adalah fungsi ROUNDUP.

Menurut Johar Arifin dalam buku Mengupas Kedahsyatan 340 Fungsi Terapan Microsoft Excel 2016 (2017), fungsi ROUNDUP digunakan untuk membulatkan bilangan atau angka ke atas, yang mana argumennya ditunjukkan oleh jumlah digit yang diinginkan. Dengan kata lain, fungsi ROUNDUP adalah membulatkan bilangan ke digit tertentu. 

Baca juga: Berapa Jumlah Kolom, Baris, dan Lembar Kerja pada Microsoft Excel?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk penulisan fungsinya:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Fungsi ROUNDUP

Fungsi di atas ditulis dengan menggunakan tanda baca titik koma.

Misalnya:

  1. =ROUNDUP(A1;2)
  2. =ROUNDUP(B2;3)
  3. =ROUNDUP(C3;1)
  4. =ROUNDUP(D4;4)

Dikutip dari buku Memanfaatkan Formula dan Fungsi Microsoft OfficeExcel 2007 (2007) karya Adi Kusrianto, angka atau number merupakan angka atau pecahan desimal yang ingin dibulatkan ke atas.

Sedangkan jumlah digit atau number digit adalah seberapa banyak digit pembulatan yang ingin diterapkan pada angka pembulatan desimal.

Contohnya:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Contoh fungsi ROUNDUP

Sebagai contoh, pada nomor satu, angka desimal 12,789345 akan dibulatkan ke atas sebanyak empat digit pembulatan. Maka hasilnya 12,7894.

Begitu pula dengan nomor dua, angka desimalnya 0,1789, ketika dibulatkan ke atas sebanyak satu digit pembulatan, hasilnya 0,2.

Baca juga: Rumus Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah pada Microsoft Excel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.