Kompas.com - 10/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi bermain dengan hewan peliharaan freepik.comIlustrasi bermain dengan hewan peliharaan

KOMPAS.com - Manusia bisa mendapatkan haknya tanpa diganggu orang lain. Manusia juga wajib melaksanakan kewajibannya sebagai bentuk tanggung jawab.

Begitu pula dengan hewan peliharaan, mereka berhak mendapatkan apa yang menjadi haknya, dan manusia harus melaksanakan kewajibannya terhadap hewan peliharaan.

Apa itu hewan peliharaan?

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, hewan peliharaan atau pet dalam bahasa Inggris, berarti hewan yang dipelihara manusia untuk dijadikan teman atau sahabat atau sekadar mencari kesenangan.

Contoh hewan peliharaan adalah anjing, kucing, kura-kura, ikan, landak, hamster, dan masih banyak lagi.

Antara hewan dan manusia sebenarnya terjadi simbiosis yang menguntungkan keduanya. Hewan mendapat keuntungan karena diasuh dan dipelihara manusia. Sedangkan manusia mendapatkan teman atau sahabat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perbedaan Kamuflase dan Mimikri pada Hewan

Kewajiban terhadap hewan peliharaan dan contohnya

Dalam jurnal Tingkat Pendidikan dan Status Ekonomi Pemilik Hewan Kesayangan dalam Hal Pengetahuan dan Penerapan Kesejahteraan Hewan (2014) karya Dwi Utari Rahmiati dan Eko Sugeng Pribadi, disebutkan jika hewan peliharaan menggantungkan sebagian atau seluruh hidupnya kepada manusia.

Sehingga sudah selayaknya hewan peliharaan mendapat haknya, dan manusia melakukan kewajibannya sebagai bentuk tanggung jawabnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara mudah kewajiban bisa diartikan sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan. Berarti kewajiban terhadap hewan peliharaan adalah suatu hal yang harus dilakukan pada hewan peliharaan sebagai bentuk tanggung jawab.

Bagaimanapun hewan dan manusia mempunyai posisi yang setara sebagai makhluk hidup. Sehingga manusia harus menghormati dan menyayangi hewan. Kata lainnya, kita tidak boleh menyakiti hewan peliharaan, bahkan melakukan tindakan penyiksaan.

Berikut beberapa contoh kewajiban terhadap hewan peliharaan:

  1. Memperlakukannya dengan manusiawi
    Artinya manusia tidak boleh melakukan perbuatan keji atau menyiksa hewan peliharaan. Karena mereka juga makhluk hidup yang membutuhkan teman dan kasih sayang.
  2. Memastikan hewan dalam kondisi sehat
    Artinya kesehatan hewan peliharaan harus diperhatikan. Hal ini bisa dicapai, misalnya dengan rutin memandikan hewan, menguras kolam, membersihkan kandang, dan lain sebagainya.
  3. Memberikan tempat tinggal yang layak
    Artinya hewan peliharaan seharusnya diberi tempat tinggal yang layak, aman, dan nyaman bagi mereka tidur, makan, atau melakukan kegiatan lainnya.
  4. Memberi makan secara rutin
    Artinya berikanlah makanan yang layak secara rutin. Penuhi kebutuhan gizi hewan dan usahakan jangan terlambat untuk memberinya makan.
  5. Menjaga kebersihan hewan dan tempat tinggalnya
    Artinya kebersihan hewan peliharaan beserta tempat tinggalnya harus diperhatikan oleh pemiliknya. Hal ini sudah menjadi kewajiban manusia untuk membersihkan tempat tinggal hewan, serta rutin membersihkan hewan sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca juga: Fungsi Adaptasi pada Hewan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.