Pengertian dan Jenis Tari Kreasi

Kompas.com - 19/01/2021, 14:51 WIB
Tari Yapong, salah satu tari kreasi dari DKI Jakarta Tari Yapong, salah satu tari kreasi dari DKI Jakarta

KOMPAS.com - Kesenian tari di berbagai daerah di Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari tari tradisional hingga tari nontradisional.

Seiring berjalannya waktu, seni tari tradisional terus berkembang hingga akhirnya muncul tari kreasi. Kesenian tari ini adalah bentuk perkembangan dari seni tari tradisional.

Menurut Keni Andewi dalam Buku Mengenal Seni Tari (2019), tari kreasi termasuk dalam jenis kesenian tari yang mengalami pembaruan.

Tari kreasi merupakan jenis kesenian tari yang dalam melakukannya tidak terikat dengan peraturan baku, yang sudah ada sebelumnya dalam seni tari tradisional.

Oleh karena tidak terikat dengan peraturan baku, maka penari untuk tari kreasi bisa lebih bebas dalam mengungkapkan gaya serta ekspresinya.

Pola gerakan yang ada dalam tari kreasi baru memang berbeda dari tari tradisional. Namun, gerakan yang dihasilkan tetap indah.

Secara garis besar, tari kreasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Baca juga: Macam-Macam Pola Lantai Tari Kreasi Daerah

Tari kreasi baru yang berpolakan tradisi

Sesuai dengan namanya, tari kreasi ini didasarkan pada tradisi yang sudah ada. Tradisi ini meliputi iringan musik, koreografi gerak, tata rias, busana, dan lain sebagainya.

Walaupun pada penerapannya tari kreasi tetap mengalami pengembangan, namun tetap tidak menghilangkan esensi tradisi daerahnya. 

Tari kreasi baru yang tidak berpolakan tradisi

Tari kreasi baru yang tidak berpolakan tradisi berarti tidak didasarkan pada tradisi yang sudah. Maka untuk koreografi gerak, tata rias, busana serta iringan musiknya tidak mengikuti tradisi daerahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X