Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal

Kompas.com - 18/01/2021, 16:53 WIB
Ilustrasibuang sampah pada tempatnya freepik.com/pch.vectorIlustrasibuang sampah pada tempatnya

KOMPAS.com - Masalah sosial menjadi kondisi yang tidak diinginkan ada di dalam masyarakat.

Masalah sosial dapat mengganggu ketenteraman masyarakat. Perlu adanya tindakan bersama untuk mengatasi atau memperbaiki masalah sosial.

Dalam buku Pengendalian Masalah Sosial Melalui Kearifan Lokal (2015) karya Masrizal dan teman-teman, masalah sosial merupakan permasalahan yang muncul dalam masyarakat, bersifat sosial dan lembaga kemayarakatan.

Masalah sosial timbul karena adanya ketidaksesuaian unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, di mana dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok warga kelompok sosial tertentu.

Baca juga: Masalah Sosial: Definisi dan Faktor Penyebabnya

Masalah sosial

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa masalah sosial di lingkungan tempat tinggal, di antaranya

  • Pencurian

Pencurian terjadi ketika seseorang ingin kaya dan banyak uang, namun tidak tyahu harus berbuat apa. Selain itu juga bisa terjadi karena lemahnya keamanan di lingkungan rumah.

Usaha yang bisa dilakukan seperti:

  1. memasang CCTV di setiap sudut lingkungan rumah
  2. melakukan kegiatan ronda secara rutin
  3. mendirikan pos kamling
  4. menghukum berat atau segera melaporkan pencuri ke kantor polisi
  • Sampah

Sampah bisa menjadi masalah sosial di lingkungan tempat tinggal jika masyarakatnya sering membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Penerapan Ilmu Sosiologi untuk Mengatasi Masalah Sosial

Hal tersebut membuat lingkungan menjadi kotor dan menyebabkan bau tidak sedap di lingkungan rumah. Tentu hal ini akan mengganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat.

Banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan, biasanya karena mereka malas membuang tempat sampah pada tempatnya. Atau bisa jadi tidak ada tempat pembuangan sampah akhir di dekat lingkungan rumah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X