Rumus Einstein, E=MC2

Kompas.com - 18/01/2021, 19:35 WIB
Rumus Einstein, E=MC2 Rumus Einstein, E=MC2

KOMPAS.com - Kamu pasti tahu sosok Albert Einstein dan perasamaan E=mc²-nya yang terkenal.

Persamaan E=mc² menunjukkan bahwa massa dan energi adalah entitas yang sama. Persamaan ini mendobrak pemikiran ilmuwan terdahulu yang meyakini bahwa massa dan energi sama sekali tidak berkaitan.

Namun tahukah kamu apa sebeneranya persamaan E=mc²?

Persamaan E=mc² adalah rumus kesetaraan energi dan massa. E adalah energi yang diukur dalam satuan Joule, m adalah massa yang diukur dalam satuan gram, sedangkan c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa yaitu 300.000.000 m/s atau 3.10^8 m/s.

Persamaan dapat dibaca sebagai energi sama dengan massa dikalikan kuadrat kecepatan cahaya.

Cahaya atau foton memang tidak memiliki massa, namun memiliki momentum sehingga dapat menambah energi.

Baca juga: Massa Atom Relatif dan Massa Molekul Relatif

 

Jika suatu benda bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, massa benda tersebut akan bertambah. Inilah disebut dengan relativitas dimana kerangka pengamatan sangat penting.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Benda bertambah berat saat bergerak dengan mendekati kecepatan cahaya

Massa benda tersebut dapat diubah menjadi energi yang sangat besar karena dikalikan dengan kecepatan cahaya.

Dilansir dari Forbes, persamaan ini menunjukkan bahwa materi dengan massa diam memiliki energi di dalamnya walau materi tersebut tidak digerakkan, tidak dipanaskan, maupun diganggu dengan energi lainnya.

Baca juga: Satuan Dasar Massa: Kilogram

 

Hal ini berarti semua benda yang memilik, menyimpan energi yang besar di dalamnya.

Dilansir dari American Museum of Natural History, energi dalam sepeser koin dapat menerangi kota New York selama 2 tahun jika kita bisa mengubah massanya menjadi energi secara sempurna.

Dalam 1 kilogram benda terkandung energi setara dengan 9x10^16 joule yang bisa menghasilkan ledakan setara 20 megaton TNT. Namun energi tersebut sangatlah sulit untuk dilepaskan.

Persamaan kesetaraan energi dan massa ini adalah awal dari berkembangnya reaksi fisi dan fusi nuklir. Reaksi fusi nuklir terjadi pada Matahari, dimana Matahari mengubah massanya menjadi energi.

Dilansir dari Energi Education, dalam setiap detiknya Matahari kehilangan 4,2 juta ton massanya untuk dapat terus menghasilkan energi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X