Teori Abiogenesis

Kompas.com - 18/01/2021, 15:26 WIB
DNA digitalgeneticsDNA

KOMPAS.com - Teori abiogenesis merupakan salah satu teori yang membahas tentang asal usul kehidupan makhluk hidup di bumi.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), orang zaman dahulu menganggap jika makhluk hidup berasal dari benda mati.

Contohnya orang zaman dahulu menganggap jika ikan dan katak berasal dari lumpur di area tempat ikan dan katak hidup.

Penganut teori abiogenesis adalah Aristoteles serta Antonie van Leeuwenhoek.

Dalam Encyclopaedia Britannica, dijelaskan teori abiogenesis mengakui jika kehidupan saat ini berasal dari non-kehidupan yang sudah ada sejak 3,5 miliar tahun yang lalu di bumi.

Tidak hanya itu, teori abiogenesis juga mengatakan jika sebenarnya kehidupan pertama adalah kehidupan yang sangat sederhana dan akhirnya terus berproses menjadi kehidupan yang kompleks.

Bukti dari percobaan yang dilakukan tokoh-tokoh pendukung teori abiogenesis adalah teori Aristoteles serta teori John Nedham.

Baca juga: Teori Proses Pembentukan Bumi

Kedua tokoh ini pernah melakukan penelitian yang menjadi dasar adanya teori abiogenesis. Menurut Siti Pramitha Retno Wardhani dalam bukunya yang berjudul Intisari Biologi Dasar (2019), teori abiogenesis diperkenalkan pertama kali oleh seorang filsuf Yunani  Aristoteles.

 

Pada saat itu, Aristoteles mencetuskan teori generatio spontanae. Ia membuat percobaan dengan meletakkan daging di tempat dengan udara terbuka.

Secara perlahan, dari daging busuk tersebut munculah larva lalat. Hal ini membuat Aristoteles meyakini jika larva lalat lahir dari daging yang membusuk tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X