Kompas.com - 28/10/2020, 14:56 WIB
Cara membaca tabel periodik, sebuah hidrogen memiliki nomor atom 1 dan Ar (massa atom relatif) sebesar 1,008. 8thgradescienceleahbarnes4a.weebly.comCara membaca tabel periodik, sebuah hidrogen memiliki nomor atom 1 dan Ar (massa atom relatif) sebesar 1,008.

KOMPAS.com - Atom adalah suatu unsur murni yang tedriri dari inti atom dan juga elektron. Molekul adalah senyawa yang tersusun dari dua jenis atom atau lebih dalam suatu proses kimia.

Massa atom dan massa molekul relatif sangat kecil sehingga sulit untuk diukur, namun para ilmuan menemukan bahwa massa suatu atom dapat diukur dengan membaningkannya dengan massa atom lain.

Massa atom relatif atau Ar adalah massa suatu atom yang didapat dari rasio perbandingan standarnya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, sejak tahun 1961 IUPAC atau International Union of Pure and Apllied Chemistry menyatakan karbon-12 sebagai standar pengukuran massa atom relatif.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus Ar

Dilansir dari BBC, massa atom relatif suatu atom yang memiliki isotop didapat dengan menghitung kelimpahannya isotope-isotopnya. Misalkan unsur boron memiliki dua isotop, yaitu boron-79 dan boron-81 dengan kelimpahan yang sama di alam.
KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan Ar isotop boron

Jika atom memiliki lebih dari tiga isotope, maka ketiganya harus diperhitungkan. Contohnya adalah unsur neon yang memiliki 3 isotop, yaitu neon-20, neon-21, dan neon-22.

  • Diketahui bahwa kelimpahan neon-20 di alam sebanyak 90,92%, neon-21 sebanyak 0,26%, dan neon-22 sebanyak 8,82%.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan Ar neon

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X