Teknik dan Rancangan Membuat Konstruksi Miniatur Rumah

Kompas.com - 11/01/2021, 21:00 WIB
Sejumlah miniatur bangunan dan robot yang terbuat dari batang korek api kayu, Rabu (1/11/2017). Miniatur itu dibuat oleh Khilmi Ardiansah. KOMPAS.com/Andi HartikSejumlah miniatur bangunan dan robot yang terbuat dari batang korek api kayu, Rabu (1/11/2017). Miniatur itu dibuat oleh Khilmi Ardiansah.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Keterampilan tangan merupakan salah satu kegiatan yang menyenangan. Di mana bisa melatih dan mengasah kreativitas otak.

Salah satu keterampilan tangan yang bisa dikerjakan adalah membuat miniatur rumah. Bahan dan alat yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah didapatkan.

Dalam proses pembuatan miniatur rumah ada teknik yang bisa digunakan, yaitu teknik persambungan.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik persambungan merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan dua buah benda atau lebih.

Pada teknik persambungan secara umum ada dua jenis, yakni sambungan tetap dan sambungan tidak tetap.

Baca juga: Membuat Produk Konstruksi Miniatur Rumah

Berikut penjelasannya:

Sambungan tetap (Permanent Joint)

Sambungan tetap merupakan sambungan yang bersifat tetap. Di mana membuat sambungan menjadi kuat dan tidak dapat dilepas dalam waktu lama atau selamanya, kecuali dengan merusaknya terlebih dahulu.

Contoh sambungan tersebut adalah sambungan dengan paku keling (rivet joint) dan sambungan las (welded joint).

  • Sambungan tidak tetap

Sambungan tidak tetap merupakan sambungan yang bersifat sementara. Sehingga masih dapat dibongkar pasang selagi masih dalam kondisi normal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X