Kompas.com - 11/01/2021, 15:00 WIB
Rusman Effendi, perajin miniatur rumah tradisional Banjar di Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. KOMPAS/JUMARTO YULIANUSRusman Effendi, perajin miniatur rumah tradisional Banjar di Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
Penulis Ari Welianto
|

Rusman Effendi, perajin miniatur rumah tradisional Banjar di Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
 KOMPAS/JUMARTO YULIANUS Rusman Effendi, perajin miniatur rumah tradisional Banjar di Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
KOMPAS.com - Miniatur rumah merupakan tiruan rumah dalam skala yang diperkecil. Di mana dibuat dengan menyerupai bentuk asli.

Dalam membuat sebuah produk konstruksi miniatur rumah terlebih dahulu harus memperhatikan atau mengenal bagian-bagian dasar yang ada pada rumah.

Kemudian mengidentifikasi bahan, alat, dan teknikpembuatan yang dapat digunakan dalam membuat sebuah konstruksi miniatur rumah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi merupakan susunan (model, tata letak) suatu bangunan baik itu jembatan, rumah atau sebagainya.

Mengenal bagian-bagian dasar rumah

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada bangunan sebuah rumah memiliki beberapa bagian dasar.

Karena rumah merupakan sebuah tempat tinggal untuk istirahat dan melindungi pengaruh cuaca baik dingin atau panas.

Baca juga: Kerajian dari Limbah Cangkang Kerang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut bagian dasar rumah:

  • Bagian bawah atau dasar

Bagian bawah atau dasar disebut juga lantai. Pada bagian dasar rumah bisa terbuat dari berbagai bahan, seperti keramik, kayu, atau tanah.

Namun, itu tergantung dari selera pemilik rumah yang menginginkan lantai dasarnya terbuat dari apa.

  • Bagian tengah atau ruangan rumah

Bagian ruangan terletak dibagian tengah pada rumah. Di mana pada bagian ruangan terdiri dari dinding, pintu, jendela, dan kamar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.