Kompas.com - 11/01/2021, 12:49 WIB

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara agrais, negara yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencarian di berbagai bidang pertanian, salah satunya budidaya tanaman.

Budidaya tanaman adalah kegiatan untuk memproduksi tanaman atau bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pengelolaan tanaman dan lingkungan tumbuhan.

Lingkungan tumbuhnya, seperti tanah, air, udara, dan cahaya matahari yang menjadi penentu hasil dari budidaya tanaman.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, hasil yang maksimal dalam budidaya tanaman dapat dicapai jika dipelihara dilingkungan yang baik.

Hasil budidaya tanaman dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau dipasarkan sehingga dapat menjadi pilihan usaha masyarakat.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal

Wirausaha budidaya tanaman dapat berupa tanaman pangan maupun tanaman hias. Permintaan masyarakat terhadap produk budidaya tanaman pangan lebih stabil, karena pangan merupakan kebutuhan pokok.

Namun, permintaan masyarakat terhadap tanaman hias juga sangat fluktuatif, karena dipengaruhi oleh tingkap pendapatan dan selera konsumen. Selain itu, tanaman hias merupakan kebutuhan tersier bagi masyarakat,

Tanaman hias

Dalam buku Agribisnis Kreatif: Pilar Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau (2012) karya Iwan Setiawan, tanaman hias ditempatkan pada urutan paling depan sebagai model agrobisnis kreatif Indonesia.

Hal ini karena tanaman hias menampilkan dinamika kreatif yang paling dinamis dibandingkan dengan komoditas yang lainnya.

Para budidaya tanaman hias dinilai tidak pernah mati gaya dalam menghasilkan varian tanaman yang unik, menarik, dan berharga.

Baca juga: Wirausaha Produk Grafika

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.