Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam Gerak Tari

Kompas.com - 30/12/2020, 17:00 WIB
Fidelis Dhayu Nareswari,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam tari, gerak merupakan unsur utama yang dikreasikan dengan banyak gerak sehingga menjadi satu kesatuan. 

Pertunjukan tarian menampilkan gerakan yang diatur sedemikian rupa sebagai ekspresi jiwa dan memiliki beberapa macam.

Dikutip dari buku Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami (2019) karya Arina Restian, unsur pokok yang dilakukan dalam gerakan tari bukanlah suatu gerakan-gerakan biasa yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Gerakan tari sendiri memiliki gerakan-gerakan yang sudah memiliki proses-proses tertentu. Sehingga gerakan dalam tari ini sudah tidak alami lagi, karena dalam gerakan tari sudah ada beberapa perubahan yang berbeda dari bentuk semula.  

Dilansir dari buku Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah (1986) karya Edi Sedyawati, gerakan tari lahir sebagai simbol emosi dan lebih menampilkan jiwa yang lurus.

Baca juga: Properti Tari: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Sasaran komunikasinya lebih ke arah rasa dan suasana hati daripada kepada situasi dan peristiwa. Gerakan terwujud sebagai ekspresi emosi tanpa referensi atau sebab-sebab dari luar.

Mengutip dari Wawasan Seni Tari: Pengetahuan Praktis bagi Guru Seni Tari (2005) karya Robby Hidajat, gerak dalam pertunjukan tari dapat dibedakan atas beberapa macam. 

Berikut macam gerak tari

  • Gerak terpola

Gerak terpola adalah  gerak yang memiliki pola baik bentuk, teknik, dan ritmenya.

Gerak terpola dalam tari disebut ragam, motif, atau kalimat, lalu berdasarkan pada kualitas gerak.

Maka dapat dibedakan atas kualitas yang bergetar, mengayun, patah-patah, atau mengalun.

Baca juga: Langkah-langkah Pergelaran Tari

  • Gerak spontan

Gerak spontan merupakan gerak yang dilakukan oleh seorang penari secara tiba-tiba dan biasanya sesaat, sehingga bentuknya semacam gerak reflek.

Hadir karena secara spontan menanggapi atau merespon kejadian sesaat dalam sebuah adegan.

  • Gerak improvisasi

Gerak improvisasi adalah gerak yang dilakukan oleh seorang penari secara tiba-tiba atas upaya kreatifnya menanggapi situasi atau suasana adegan saat diatas panggung.

Walaupun dilakukan oleh seorang penari secara tiba-tiba, namun gerakan ini masih memiliki control terhadap bentuk, teknik, dan ritmenya.

Baca juga: Persiapan Pergelaran Tari

  • Gerak maknawi

Gerak Maknawi adalah gerak yang memiliki makna atau gerak yang mengandung arti.

  • Gerak murni

Gerak murni adalah gerak yang diciptakan atas dasar pertimbangan gerak semata tanpa memikirkan tema atau makna yang terlahir dari gerak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com