Kompas.com - 29/12/2020, 22:10 WIB
PT Kawan Lama Sejahtera bersama Kemristekdikti menggelar Seminar dan Workshop Nasional Penerapan Ilmu Pengukuran Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) di Dunia Industri Serta Pengembangannya ke Industri 4.0 di Auditorium Kawan Lama Cikarang (5-6/11/2019). DOK. KAWAN LAMAPT Kawan Lama Sejahtera bersama Kemristekdikti menggelar Seminar dan Workshop Nasional Penerapan Ilmu Pengukuran Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) di Dunia Industri Serta Pengembangannya ke Industri 4.0 di Auditorium Kawan Lama Cikarang (5-6/11/2019).

KOMPAS.com - Dunia pendidikan lekat dengan forum-forum ilmiah. Salah satu forum ilmiah yang sering diadakan ialah seminar.

Pandemi tidak menyurutkan semangat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Maka muncul istilah baru, yaitu webinar, yang berarti seminar online.

Pengertian seminar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, seminar diartikan sebagai pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli. Ahli yang dimaksud misalnya dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.

Dilansir dari Herri Susanto dalam Communication Skills, Sukses Komunikasi, Presentasi, dan Berkarir (2014), berbicara di depan umum seperti di acara rapat kantor, musyawarah, kuliah umum, seminar, bahkan pidato membutuhkan skill yang tinggi dibanding komunikasi dengan satu atau sedikit orang.

Tujuan seminar

Tujuan seminar ialah membahas dan bertukar pikiran mengenai suatu permasalahan ilmiah. Tukar pikiran dapat dilakukan dengan interaksi tanya-jawab antara pembicara dan peserta seminar.

Baca juga: Pengertian Teks Diskusi

Syarat Seminar

Syarat untuk melaksanakan seminar antara lain:

  • Sama seperti forum pada umumnya, seminar melibatkan peserta. Ada seminar umum tanpa batasan jumlah peserta, ada pula yang terbatas menyesuaikan durasi atau kapabilitas penyelenggara.
  • Pemateri sudah tahu permasalahan yang akan di sampaikan. Pemateri ialah penyampai makalah. Biasanya seminar juga memberi ruang sama besar untuk penyanggah makalah seperti dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.
  • Ada moderator yang menjembatani komunikasi antara pemateri dan peserta. Moderator juga berfungsi sebagai penjaga waktu. Ia dapat mengingatkan pada pematri atau peserta bila pembahasan melenceng atau keluar konteks.
  • Waktu pelaksanaan seminar terjadwal jauh-jauh hari. Hal ini berguna agar pemateri dan peserta dapat mempersiapkan diri untuk terlibat dalam forum ilmiah tersebut.
  • Tema atau topik permasalahan sudah disiapkan sebelumnya.
  • Seminar dirancang secara sistematis dan ilmiah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.