Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh-contoh Karya Ilmiah

Kompas.com - 09/11/2020, 13:50 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam karya ilmiah. Mulai dari jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitan, atau karya ilmiah populer semacam makalah.

Menurut Munawar Syamsudin dalam buku Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah (1994), tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur dan konsisten.

Karya ilmiah terdahulu atau yang pernah dibuat dapat menjadi contoh, juga acuan bagi penulisan karya ilmiah oleh penulis lainnya.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai contoh karya ilmiah di berbagai bidang. Berikut contoh-contoh karya ilmiah di berbagai bidang:

Contoh karya ilmiah tentang pendidikan

Salah satunya ditulis oleh Hafiar, H., Damayanti, T., Subekti, P. dan Fatma, D. dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Karya ilmiah tersebut berupa jurnal dengan judul Peningkatan Pendidikan dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Katapang Melalui Partisipasi dalam Publikasi Akademis di Media Massa, yang dimuat dalam Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat volume 4, nomor 2, pada November 2015.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Karya Ilmiah

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan

Karya ilmiah dalam bidang ini salah satunya ditulis oleh Hema Nur Alifah Septiana dari Program Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Karya ilmiahnya berjudul Hubungan Pengetahuan tentang Hipertensi, Asupan Lemak dan Natriumdengan Status Gizi di Posyandu Lansia, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo.

Contoh karya ilmiah tentang Covid-19

Karya ilmiah dapat berbentuk laporan seperti yang ditulis oleh Satuan Kerja Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Judulnya Laporan Upaya Pencegahan dan Pengendaliancovid-19 Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Contoh karya ilmiah tentang sampah plastik

Gilang Heru Kencan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menulis karya ilmiah berjudul Prototipe Pengolah Sampah Plastik Menjadi Filamen 3d Printer. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com