Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2020, 13:41 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Iklan atau reklame biasa kita temui di media massa atau ruang-ruang publik. Tidak dapat dipungkiri, iklan menjadi media yang efektif untuk mempromosikan suatu barang atau jasa pada masyarakat.

Ada banyak jenis teks iklan. Berdasarkan tujuannya, teks iklan dapat dikategorikan dalam dua, komersil dan nonkomersil.

Iklan nonkomersil dapat disebut juga iklan layanan masyarakat, karena iklan macam ini tidak berorientasi pada untung rugi.

Biasanya iklan nonkomersil digunakan untuk mengkampanyekan slogan, informasi, ajakan, atau anjuran demi kepentingan masyarakat. Berikut contoh teks iklan nonkomersil:

Contoh I
Sekarang daftar NPWP mudah sekali. Daftar NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, dapat dilakukan secara online. Tinggal masuk ke ereg.pajak.go.id dan ikuti langkah-langkahnya. Sudah berpenghasilan tapi belum punya NPWP? Aduh, Bos! Hari gini kok masih mangkir bayar pajak? Warga taat, bayar pajak.

Contoh teks iklan berdasarkan bentuknya, ada bermacam-macam, tapi contoh teks iklan di atas cocok dituangkan dalam bentuk audio atau audio-visual.

Pengiklan merupakan lembaga pemerintahan. Maksud iklannya menginformasikan soal pendaftaran NPWP.

Tujuan iklan tersebut agar semakin banyak masyarakat mendaftarkan NPWP, serta taat membayar pajak.

Baca juga: Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, dan Kaidah Kebahasaan

Contoh II
Turut berduka cita. Telah berpulang ke rahmat Tuhan yang Maha Esa. Isteri, ibu, adik, dan tante kami terkasih: Ratna Dwi Saswito. Meninggal dengan tenang pada 1 Desember 2018 pukul 14.00 WIB pada usia 79 tahun. Jenazah disemauyamkan di Rumah Duka Batujajar ruang 3, Jl. Gatot Subroto nomor 36, Bandung. Dimakamkan di Pemakaman Umum Pasir Ipis pada 3 Desember 2018 pukul 09.00. Kami yang ditinggalkan: Oentoro Budi (suami), Ratri Samantha Budi (anak), Sukma Eka Saswito (kakak), Galih Erlangga dan Dian Yudhistira (keponakan), beserta segenap keluarga lainnya.

Teks iklan di atas merupakan iklan kekeluargaan berisi berita duka. Dikategorikan dalam iklan nonkomersil karena berisikan informasi atau pemberitahuan.

Maksud iklannya jelas dan informasinya disampaikan lengkap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com