Kompas.com - 29/12/2020, 16:47 WIB
Ilustrasi akuntansi freepik.com/vectorjuiceIlustrasi akuntansi

KOMPAS.comAkuntansi manajemen dan akuntansi keuangan merupakan bidang dari Ilmu Akuntansi yang sering diterapkan secara bersamaan dalam sebuah perusahaan.

Penerapan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan bertujuan untuk mengelola informasi keuangan suatu perusahaaan.

Dalam praktiknya, kedua bidang tersebut menggunakan dasar data keuangan yang sama, namun keduanya memiliki orientasi pelaporan yang berbeda.

Dilansir dari buku Akuntansi Biaya (2019) karya Firdaus A. Dunia dan kawan-kawan, akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan informasi keuangan untuk para pihak internal perusahaan.

Pihak internal yang dimaksud adalah manajemen perusahaan, baik pada tingkat atas, tingkat menengah, maupun tingkat pertama.

Baca juga: Sistem Akuntansi: Definisi, Unsur, dan Fungsinya

Sementara akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menyajikan informasi keuangan yang ditujukan kepada pihak eksternal perusahaan.

Pihak eksternal perusahaan meliputi pemegang saham, calon pemegang saham, kreditur, pemerintah, dan sebagainya.

Pihak eksternal tersebut merupakan pihak yang tidak terlibat secara langsung dalam operasi perusahaan tetapi memiliki kepentingan langsung terhadap perusahaan. Oleh sebab itu, pihak eksternal tersebut membutuhkan informasi keuangan perusahaan.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa perbedaan pertama antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan terletak pada orientasi pelaporan.

Akuntansi manajemen berorientasi pada pihak internal, sementara akuntansi keuangan berorientasi pada pihak eksternal.

Baca juga: Menengok Profesi Bidang Akuntansi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X