Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Berdiri dalam Bela Diri Pencak Silat

Kompas.com - 29/12/2020, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengena bela diri pencak silat? Bela diri ini merupakan salah satu bentuk warisan budaya tak benda, yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

Pencak silat bukan hanya sebagai warisan budaya, namun juga sebagai olahraga serta bentuk upaya pertahanan diri.

Mempelajari bela diri pencak silat harus dimulai dari berbagai teknik atau sikap dasarnya. Setelah menguasai, bisa lanjut ke teknik atau sikap dasar lainnya.

Salah satu teknik atau sikap dasar dalam pencak silat adalah sikap berdiri. Apa yang dimaksud dengan bela diri pencak silat?

Mengutip dari situs OongMaryonoPencakSilatAward.org, sikap berdiri dalam bela diri pencak silat juga sering disebut sebagai sikap pasang.

Baca juga: Gerak Spesifik Tangkisan Bela Diri Pencak Silat

Sikap berdiri ini digunakan saat pesilat akan melakukan teknik defensif ataupun ofensif. Sikap ini merupakan teknik dasar dalam pencak silat, maka harus dikuasai oleh para pesilat.

Secara garis besar, sikap berdiri atau sikap pasang dalam bela diri pencak silat dibagi menjadi tiga, yaitu sikap pasang tegak (full standing), sikap pasang menengah (middle standing), serta sikap pasang bawah (ground standing).

Ketiga jenis sikap pasang tersebut memiliki makna sosial budaya serta tujuan yang berbeda. Sikap berdiri dalam pencak silat sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai.

Namun, jika melihat kondisi geografisnya, sikap pasang tersebut terkadang disesuaikan dengan daerahnya.

Tetapi secara umum, sikap pasang atau sikap berdiri dalam pencak silat dibagi ke dalam tiga jenis sikap tersebut.

Baca juga: Teknik Dasar Pencak Silat

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sikap pasang dalam pencak silat dibagi menjadi tiga, yaitu sikap pasang atas, sikap pasang tengah, serta sikap pasang bawah.

Sikap pasang atas digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian atas.

Sikap pasang tengah digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian tengah.

Sikap pasang bawah digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com