Kompas.com - 29/12/2020, 13:00 WIB
Pesilat ganda putri Indonesia,Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti bertanding dalam laga final yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPesilat ganda putri Indonesia,Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti bertanding dalam laga final yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengena bela diri pencak silat? Bela diri ini merupakan salah satu bentuk warisan budaya tak benda, yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

Pencak silat bukan hanya sebagai warisan budaya, namun juga sebagai olahraga serta bentuk upaya pertahanan diri.

Mempelajari bela diri pencak silat harus dimulai dari berbagai teknik atau sikap dasarnya. Setelah menguasai, bisa lanjut ke teknik atau sikap dasar lainnya.

Salah satu teknik atau sikap dasar dalam pencak silat adalah sikap berdiri. Apa yang dimaksud dengan bela diri pencak silat?

Mengutip dari situs OongMaryonoPencakSilatAward.org, sikap berdiri dalam bela diri pencak silat juga sering disebut sebagai sikap pasang.

Baca juga: Gerak Spesifik Tangkisan Bela Diri Pencak Silat

Sikap berdiri ini digunakan saat pesilat akan melakukan teknik defensif ataupun ofensif. Sikap ini merupakan teknik dasar dalam pencak silat, maka harus dikuasai oleh para pesilat.

Secara garis besar, sikap berdiri atau sikap pasang dalam bela diri pencak silat dibagi menjadi tiga, yaitu sikap pasang tegak (full standing), sikap pasang menengah (middle standing), serta sikap pasang bawah (ground standing).

Ketiga jenis sikap pasang tersebut memiliki makna sosial budaya serta tujuan yang berbeda. Sikap berdiri dalam pencak silat sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai.

Namun, jika melihat kondisi geografisnya, sikap pasang tersebut terkadang disesuaikan dengan daerahnya.

Tetapi secara umum, sikap pasang atau sikap berdiri dalam pencak silat dibagi ke dalam tiga jenis sikap tersebut.

Baca juga: Teknik Dasar Pencak Silat

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sikap pasang dalam pencak silat dibagi menjadi tiga, yaitu sikap pasang atas, sikap pasang tengah, serta sikap pasang bawah.

Sikap pasang atas digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian atas.

Sikap pasang tengah digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian tengah.

Sikap pasang bawah digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan terhadap pukulan lawan yang menyasar tubuh bagian bawah.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X