Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmentasi Pasar: Definisi dan Jenisnya

Kompas.com - 30/12/2020, 14:55 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain bauran pemasaran, ada strategi pemasaran lainnya yang sering digunakan dalam bisnis, yaitu strategi pemasaran STP (segmentasi, targeting, dan positioning). Dalam artikel ini, akan dibahas terlebih dahulu tentang segmentasi pasar.

Dilansir dari buku Marketing Management (2016) karya Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, segmentasi pasar adalah tindakan membagi pasar menjadi bagian yang teridentifikasi dengan baik.

Tindakan membagi pasar maksudnya adalah membagi pasar yang berbeda-beda atau heterogen menjadi kelompok-kelompok pasar yang sama atau homogen sehingga menghasilkan segmen pasar yang terdiri dari kelompok konsumen yang memiliki kesaman dalam kebutuhan dan keinginan.

Lebih lanjut, Indrawati dan kawan-kawan dalam bukunya yang berjudul Marketing for Non-Marketing Managers (2019) menjelaskan bahwa tujuan utama melakukan segmentasi pasar adalah untuk mengonsentrasikan sumber daya perusahaan dalam melayani konsumen agar bisa mencapai keuntungan kompetitif dalam segmen pasar.

Baca juga: Konsep Bauran Pemasaran

Perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu adanya tindakan untuk memusatkan sumber daya hanya pada segmen yang dipilih saja. Segmentasi pasar penting untuk dilakukan sebab saat ini kompetisi antarperusahaan sangat ketat.

Jika perusahaan tidak bisa melayani konsumen sesuai dengan keinginan, kemauan, dan daya beli mereka, maka perusahaan akan ditinggalkan oleh konsumen. Konsumen mempunyai keinginan, kemauan, dan kemampuan yang berbeda-beda.

Inilah penyebab mengapa segmentasi pasar penting untuk dilakukan. Agar perusahaan bisa melayani konsumen dengan baik dan tepat.

Jenis-jenis segmentasi pasar

Dalam buku Marketing Plan dalam Bisnis (2017) karya Titik Wijayanti, dijelaskan beberapa jenis segmentasi pasar, yaitu:

  • Segmentasi pasar geografi

Segmentasi pasar geografi adalah segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada lokasi atau wilayah tertentu terhadap target pasar atau konsumen potensial.

Baca juga: Saluran Pemasaran: Definisi, Fungsi, dan Tingkatannya

Variabel dalam segmentasi pasar geografi adalah wilayah (negara, provinsi, kota), ukuran wilayah, iklim, dan sebagainya.

  • Segmentasi pasar demografi

Segmentasi pasar demografi adalah segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada tipe-tipe dan berbagai jenis kependudukan terhadap target pasar atau konsumen potensial.

Variabel dalam segmentasi pasar demografi adalah usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, kelas sosial, agama, ukuran keluarga, dan sebagainya.

  • Segmentasi pasar perilaku

Segmentasi pasar perilaku adalah segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada perilaku-perilaku target pasar potensial yang diamati dari gaya hidup yang dijalani sehari hari, nilai-nilai kehidupan yang dianut sehari-hari, serta kepribadian dari target pasar potensial.

  • Segmentasi pasar psikografis

Segmentasi pasar psikografis merupakan segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada gaya hidup seseorang, sikap-sikap seseorang terhadap produk tertentu, serta minat-minat pelanggan.

Baca juga: Bidang-Bidang Manajemen Pemasaran

  • Segmentasi pasar pengguna

Segmentasi pasar pengguna merupakan segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada penggunaan atau manfaat produk atau jasa tertentu terhadap target pasar potensial.

  • Segmentasi pasar kepentingan

Segmentasi pasar kepentingan merupakan segmentasi yang dilakukan berdasarkan pada kepentingan produk tertentu terhadap target pasar potensial tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com