Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Properti Tari: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Kompas.com - 21/08/2020, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Properti tari merupakan benda-benda yang digunakan sebagai alat untuk mendukung ungkapan suatu gerakan.

Dalam buku Pengetahuan Tari dan Beberapa Masalah Tari (1986) karya Edi Sedyawati, yang dimaksud properti tari adalah segala sesuatu yang akan diperlukan penari tari kreatif di ruang pentas.

Ketentuan properti yang akan digunakan merupakan suatu pencerminan sebuah karakter yang dilukiskan dari sebuah alat peragaan. Hal ini kemudian mempermudah penari dalam menciptakan karakter.

Properti digunakan sebagai pelengkap tari yang dapat memperingan kesulitan gerak. Properti yang biasaya digunakan misalnya:

  • kuda lumping
  • tombak
  • gondewa
  • keris
  • kendi
  • payung
  • bakul

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Properti tari harus disesuaikan dengan tema tarian, agar lebih menarik. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menggunakan prooperti tersebut sesuai dengan karakter, tema, dan tarian yang dibuat.

Penggunaan suatu media atau properti ini berkaitan dengan kreativitas. Properti tari juga menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pelatih dalam memperkenalkan suatu alat peraga yang digunakan dalam menari.

Dalam seni tari, properti yang digunakan ini tidak mengacu pada material tapi bagaimana properti tersebut bisa mengembangkan imajinasi dan daya kreatif penari.

Jenis properti tari

Jenis-jenis properti tari dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Setproperti

Setproperti adalah media atau alat pertunjukan yang digunakan pada panggung, berupa peralatan yang mendukung pada sistem suatu pertunjukan.

Hal ini untuk memudahkan suatu pertunjukan dalam mengungkapkan setting situasi dan kondisi yang diinginkan. Misalnya panggung, lighting, set lampu, background, dan lainnya.

Baca juga: Macam-Macam Pola Lantai Tari Kreasi Daerah

  • Handproperti

Handproperti adalah media atau alat yang digunakan pelaku tari pada sebuah pertunjukan, yang berfungsi sebagai alat pendukung pada suatu karakter yang akan dimainkan.

Misalnya, selendang, keris, topeng, payung, tombak, panah, piring, sapu tangan, dan lainnya.

Tari Topeng Kelana, asal Cirebon yang diperankan oleh Wisnu Lanjaya (9), dan kawan-kawannya dari Sanggar Langen Sejati di Kelapa Manis, Jumat (22/12/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tari Topeng Kelana, asal Cirebon yang diperankan oleh Wisnu Lanjaya (9), dan kawan-kawannya dari Sanggar Langen Sejati di Kelapa Manis, Jumat (22/12/2017).
Fungsi properti tari

Fungsi properti tari dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Penggambaran tema tarian

Dengan properti tari, maka sebuah tarian dapat digambarkan dengan jelas. Terlebih tari tradisional di Indoensia yang cukup banyak. Sehingga bisa membedakan tarian satu dengan yang lainnya.

  • Memperjelas gerakan dan karakter

Adanya alat pelengkap atau properti tari akan memperlihatkan karakter dan gerakan penari dengan jelas, baik perempuan maupun laki-laki.

Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari

Pada tarian dogeng, terdapat pembagian peran yang harus diaplikasikan pada tarian. Untuk memperjelas karakter penari, maka properti tari ini sangat bermanfaat.

  • Menambah keindahan gerak

Dengan menggunakan properti tari, secara tidak langsung menambah keindahan penampilan tari yang dimainkan. Selain itu juga sebagai penunjang nilai-nilai keindahan tari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com