Kompas.com - 21/08/2020, 17:00 WIB
Sejumlah penari menampilkan tarian Jaran Slining dari Lumajang, Jawa Timur. Ada penari yang memakai properti kuda, ada juga penari yang membawa pecut kuda lumping. Tarian mereka diiringi para pemusik yang memainkan alat-alat musik tradisional. KOMPAS.COM/NURSITA SARISejumlah penari menampilkan tarian Jaran Slining dari Lumajang, Jawa Timur. Ada penari yang memakai properti kuda, ada juga penari yang membawa pecut kuda lumping. Tarian mereka diiringi para pemusik yang memainkan alat-alat musik tradisional.

KOMPAS.com - Properti tari merupakan benda-benda yang digunakan sebagai alat untuk mendukung ungkapan suatu gerakan.

Dalam buku Pengetahuan Tari dan Beberapa Masalah Tari (1986) karya Edi Sedyawati, yang dimaksud properti tari adalah segala sesuatu yang akan diperlukan penari tari kreatif di ruang pentas.

Ketentuan properti yang akan digunakan merupakan suatu pencerminan sebuah karakter yang dilukiskan dari sebuah alat peragaan. Hal ini kemudian mempermudah penari dalam menciptakan karakter.

Properti digunakan sebagai pelengkap tari yang dapat memperingan kesulitan gerak. Properti yang biasaya digunakan misalnya:

  • kuda lumping
  • tombak
  • gondewa
  • keris
  • kendi
  • payung
  • bakul

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Properti tari harus disesuaikan dengan tema tarian, agar lebih menarik. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menggunakan prooperti tersebut sesuai dengan karakter, tema, dan tarian yang dibuat.

Penggunaan suatu media atau properti ini berkaitan dengan kreativitas. Properti tari juga menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pelatih dalam memperkenalkan suatu alat peraga yang digunakan dalam menari.

Dalam seni tari, properti yang digunakan ini tidak mengacu pada material tapi bagaimana properti tersebut bisa mengembangkan imajinasi dan daya kreatif penari.

Jenis properti tari

Jenis-jenis properti tari dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Setproperti

Setproperti adalah media atau alat pertunjukan yang digunakan pada panggung, berupa peralatan yang mendukung pada sistem suatu pertunjukan.

Hal ini untuk memudahkan suatu pertunjukan dalam mengungkapkan setting situasi dan kondisi yang diinginkan. Misalnya panggung, lighting, set lampu, background, dan lainnya.

Baca juga: Macam-Macam Pola Lantai Tari Kreasi Daerah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X