Sejarah Perang Dunia I (1914-1918)

Kompas.com - 26/10/2020, 12:18 WIB
Penggunaan gas pada Perang Dunia I ancienthistorylistsPenggunaan gas pada Perang Dunia I

KOMPAS.com - Perang Dunia I merupakan peristiwa besar dunia yang mempunyai pengaruh secara global dalam segala aspek kehidupan.

Perang Dunia I berlangsung selama 5 tahun, mulai dari 1914 hingga 1918. Ada dua pihak utama yang terlibat di Perang Dunia I, yaitu Aliansi Sekutu (Inggris, Italia, Perancis, Rusia) dan Aliansi Sentral (Jerman, Austria-Hongaria,Turki).

Dalam buku Sejarah Eropa: Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern (2012) karya Djaja Wahyudi, sebab terjadinya Perang Dunia I dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Sebab Umum

Sebab umum terjadinya Perang Dunia I, yaitu:

  1. Adanya perkembangan teknologi persenjataan yang mengakibatkan persaingan senjata antar negara-negara di Eropa.
  2. Adanya politik aliansi untuk membentuk jaringan politik dan militer di Eropa.
  3. Munculnya paham ultra-nasionalisme atau cinta kebangsaan yang berlebihan.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I

  • Sebab Khusus

Sebab khusus terjadinya Perang Dunia I karena adanya pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand dari Kerajaan Austria-Hongaria oleh anggota Pemuda Serbia-Bosnia pada 1914.

Jalannya Perang Dunia I

Pembunuhan Franz-Ferdinand menyebabkan adanya ketegangan politik yang dinamakan Krisis Juli.

Krisis tersebut berubah menjadi Perang Dunia I saat kerajaan Austria-Hongaria memutuskan untuk menyerang Serbia-Bosnia pada 28 Juli 1914.

Serangan yang dilakukan oleh Austria Hongaria memicu Rusia untuk merebut Serbia-Bosnia dari Austria-Hongaria. Ketegangan yang terjadi di Eropa Timur ini dimanfaatkan oleh Jerman untuk melancarkan serangan ke Perancis dan Rusia.

Disisi lain, Inggris sebagai aliansi Sekutu turut menyatakan perang terhadap Jerman pada 4 Agustus 1914.

Dalam buku The Great War 1914-1918 (1998) karya Spencer C Tucker, disebutkan bahwa Perang Dunia I juga melibatkan negara-negara diluar Eropa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X