Norma Mode: Definisi dan Contohnya

Kompas.com - 24/10/2020, 18:54 WIB
Lebih dari 50 desainer Indonesia menampilkan produk unggulannya dalam 23 Fashion District di Paskal 23 Mall Bandung. KOMPAS.com/RENI SUSANTILebih dari 50 desainer Indonesia menampilkan produk unggulannya dalam 23 Fashion District di Paskal 23 Mall Bandung.

KOMPAS.comNorma sosial merupakan aturan yang mengikat seorang indvidu dalam sebuah sistem masyarakat. Jenis-jenis norma sosial yang ada di dalam masyarakat bisa dibilang cukup banyak.

Namun berdasarkan tipenya, norma sosial dibedakan menjadi dua, yaitu norma sosial formal dan norma sosial non formal.

Dalam situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, norma sosial formal didefinisikan sebagai aturan yang dirumuskan dan diwajibkan dengan tegas oleh pihak yang berwenang kepada semua anggota masyarakat.

Sementara norma sosial non formal, merupakan norma yang tumbuh dari kebiasaan yang berlaku pada masyarakat. Norma sosial non formal biasanya tidak tertulis dan jumlahnya lebih banyak dari norma sosial formal.

Baca juga: Norma Tata Cara: Definisi dan Contohnya

Norma Mode

Salah satu contoh norma non formal adalah norma mode atau norma fashion. Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, norma mode merupakan norma tidak tertulis yang mengikat individu sebagai anggota masyarakat agar mengikuti mode atau fashion yang sedang berlaku.

Norma mode muncul karena perubahan-perubahan yang disebabkan oleh selera umum masyarakat, seperti model pakaian, model rambut, model kendaraan, dan lain-lain.

Ciri utama mode adalah orang yang mengikutinya bersifat masal. Jika suatu mode telah berkembang dan menjadi populer, maka secara tidak langsung setiap orang akan tergerak untuk mengikutinya.

Seseorang yang melanggar norma mode akan dicap sebagai orang yang aneh. Sebab orang tersebut dianggap tidak sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung.

Baca juga: Norma Agama: Definisi dan Fungsi

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X