Perang Dunia II: Munculnya Negara Fasis

Kompas.com - 13/07/2020, 17:37 WIB
Benito Mussolini dan Adolf Hitler di Berlin 1937. Ladislav Luppa via Wikipedia Benito Mussolini dan Adolf Hitler di Berlin 1937.

KOMPAS.com - Perang Dunia I menyebabkan timbulnya Perang Dunia II. Banyak negara yang rugi akibat Perang Dunia I. Semua negara mengalami krisis ekonomi dan politik.

Dalam kondisi perekonomian yang terpuruk, mereka bangkit dengan cara diktator serta menganut paham ultranasionalisme. Paham ultranasionalisme adalah paham nasionalisme yang diterapkan secara berlebihan.

Menurut buku History of The World War (2019) karya Saut Pasaribu, negara yang menganut paham ultranasionalisme adalah Jerman dengan Libensraum, Italia dengan Irredenta, dan Jepang dengan Hakko I Chiu.

Dengan paham itu, tiga negara tersebut menjadi fasis, sehingga merasa berhak untuk menguasai negara dan bangsa lain demi meningkatkan kesejahteraan negaranya.

Fasisme adalah suatu paham yang mengutamakan negara di atas segalanya untuk negara. Sehingga pengertian negara fasis yaitu negara yang menganut paham absolut atau mutlak.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I

Negara dijalankan secara diktator dan sistem ekonomi yang dipakai adalah ekonomi terpimpin. Berikut tiga negara fasis yang terjadi akibat Perang Dunia I:

Jerman

Kemunculan fasis di Jerman karena berdirinya Partai Buruh Jerman di Munich, yaitu Deutsche Arbeiter Partij oleh Adolf Hitler. Berkembang menjadi partai National Sozialistiche Deutsche Arbeiter Partij dan dikenal dengan Partai Nazi.

Partai ini menganut pandangan chauvinisme, menganggap dirinya lebih unggul dari ras lainnya. Berikut beberapa penyebab mumculnya fasisme di Jerman:

  • Kejayaan masa lampau, yang dibuktikan dengan banyaknya ilmuwan yang berasal dari ras Arya
  • Kesulitan ekonomi
  • Lemahnya sistem pemerintahan
  • Kemenangan Partai Nazi pemilu 1930

Pada 30 Januari 1933, Hitler diangkat sebagai konselir Jerman. Selama menjabat sebagai konselir, Hitler bercita-cita mewujudkan kembali kejayaan Jerman.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Salah satu upayanya adalah mengangkat dirinya sebagai pemimpin dan memperkuat Partai Nazi. Berikut beberapa tindakan Hitler:

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X