Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Kompas.com - 13/07/2020, 15:01 WIB
Tentara Jerman menginvasi Polandia menggunakan kendaraan lapis baja pada September 1939 shutterstock.comTentara Jerman menginvasi Polandia menggunakan kendaraan lapis baja pada September 1939

KOMPAS.com - Permulaan Perang Dunia II berpuncak pada serangkaian tindakan-tindakan suka perang di antara 1931 dan 1939 yang dilakukan oleh Jerman, Italia, dan Jepang.

Tindakan-tindakan bangsa ini meliputi pengambilan wilayah kekuasaan yang bukan milik mereka.

Liga Bangsa-Bangsa terbukti tidak efektif di dalam mengehentikan agresi Jepang di China, serbuan Italia di Ethiopia, dan pengambilalihan Austria oleh Jerman.

Pemicu Perang Dunia II

Dilansir dari buku History of The World War (2019) karya Saut Pasaribu, Amerika Serikat memprotes tindakan-tindakan dari Jerman, Italia, dan Jepang.

Namun, Inggris dan Perancis setuju membiarkan Adolf Hitler (Jerman) dan Benito Mussolini (Italia) mengambil wialayah yang mereka inginkan. Inggris dan Perancis berharap kebijakan tersebut akan mencegah perang lainnya.

Baca juga: Mengapa Jepang Menerapkan Ekonomi Perang

Pada 30 September 1938, Inggris dan Perancis sepakat di Munich untuk membiarkan Jerman memiliki suatu bagian dari Chekoslovakia yang disebut Sudentenland. Hitler mengatakan bahwa ini akan menjadi tuntutan teritorial terakhirnya di Eropa.

Pada Maret 1939, Hitler melanggar perjanjian tersebut, dengan mengambil alih sisa negeri itu. Hal ini mengakhiri kebijakan penenangan Inggris dan Perancis.

Perdana Menteri Neville Chamberlain dari Britania Raya dan Perdana Menteri Edouard Daladier dari Perancis berjanji membantu Polandia seandainya terjadi serangan Nazi.

Pada Mei 1939 Jerman dan Italia menandatangani suatu perjanjian untuk saling mendukung dalam perang. Hitler dan para pemimpin Jermain lainnya percaya, bahwa Jerman kalah pada Perang Dunia I karena harus bertempur di dua front.

Untuk mencegah hal tersebut Hitler dan Joseph Stalin (Soviet) menandatangani perjanjian non-agresi 10 tahun pada 23 Agustus. Kemudian pada 1 September, Jerman mengambil Kota Danzig dan menyerbu Polandia. Saat itulah Perang Dunia II di mulai.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X