Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Kompas.com - 13/07/2020, 15:01 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Permulaan Perang Dunia II berpuncak pada serangkaian tindakan-tindakan suka perang di antara 1931 dan 1939 yang dilakukan oleh Jerman, Italia, dan Jepang.

Tindakan-tindakan bangsa ini meliputi pengambilan wilayah kekuasaan yang bukan milik mereka.

Liga Bangsa-Bangsa terbukti tidak efektif di dalam mengehentikan agresi Jepang di China, serbuan Italia di Ethiopia, dan pengambilalihan Austria oleh Jerman.

Pemicu Perang Dunia II

Dilansir dari buku History of The World War (2019) karya Saut Pasaribu, Amerika Serikat memprotes tindakan-tindakan dari Jerman, Italia, dan Jepang.

Namun, Inggris dan Perancis setuju membiarkan Adolf Hitler (Jerman) dan Benito Mussolini (Italia) mengambil wialayah yang mereka inginkan. Inggris dan Perancis berharap kebijakan tersebut akan mencegah perang lainnya.

Baca juga: Mengapa Jepang Menerapkan Ekonomi Perang

Pada 30 September 1938, Inggris dan Perancis sepakat di Munich untuk membiarkan Jerman memiliki suatu bagian dari Chekoslovakia yang disebut Sudentenland. Hitler mengatakan bahwa ini akan menjadi tuntutan teritorial terakhirnya di Eropa.

Pada Maret 1939, Hitler melanggar perjanjian tersebut, dengan mengambil alih sisa negeri itu. Hal ini mengakhiri kebijakan penenangan Inggris dan Perancis.

Perdana Menteri Neville Chamberlain dari Britania Raya dan Perdana Menteri Edouard Daladier dari Perancis berjanji membantu Polandia seandainya terjadi serangan Nazi.

Pada Mei 1939 Jerman dan Italia menandatangani suatu perjanjian untuk saling mendukung dalam perang. Hitler dan para pemimpin Jermain lainnya percaya, bahwa Jerman kalah pada Perang Dunia I karena harus bertempur di dua front.

Untuk mencegah hal tersebut Hitler dan Joseph Stalin (Soviet) menandatangani perjanjian non-agresi 10 tahun pada 23 Agustus. Kemudian pada 1 September, Jerman mengambil Kota Danzig dan menyerbu Polandia. Saat itulah Perang Dunia II di mulai.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I

Penyerangan Pearl Harbor oleh Jepang pada Perang Dunia IIshutterstock.com Penyerangan Pearl Harbor oleh Jepang pada Perang Dunia II
Sebab-sebab Perang Dunia II

Perang Dunia II yang terjadi selama 1939-1945, merupakan lanjutan dari Perang Dunia I. Perang ini dinilai lebih mengerikan dibandingkan Perang Dunia I. Di mana Perang Dunia II melibatkan banyak negara.

Terjadinya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh dua sebab, yaitu:

Sebab umum

Berikut sebab-sebb umum Perang Dunia II, di antaranya:

  1. Adanya politik Revanche of Idea Jerman, yaitu politik balas dendam atas kekalahan Perang Dunia I.
  2. Politik mencari kawan yang menimbulkan blok-blok antarnegara.
  3. Adanya perlombaan senjata antarnegara untuk memperkuat diri
  4. Timbulnya paham yang saling bertentangan, yaitu fasis, liberalis, dan komunis.
  5. Timbulnya perluasan wilayah (ekspansi) di bidang ekonomi, Libensraum (jerman), Irredenta (Italia), dan Hakko I Chius (Jepang).
  6. Kegagalan LBB dalam usaha menciptakan perdamaian dunia.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

Sebab khusus

Sebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah serang Jermana yang merebut Kota Danzig yang terletak di Polandia. Serangan Jerman tersebut menggunakan taktik serangan kilat dan kendaraan lapis baja dengan pengeboman yang efektif.

Polandia tidak tinggal diam yang melihat kotanya diambil, sehingga terjadi peperangan antara Jerman dan Polandia. Pada 13 September 1939 Perancis dan Inggris membela Polandia dengan mengumumkan perang terhadap Jerman.

Perang antara Jerman dengan negara-negara Eropa terjadi. Pada 7 Desember 1941, Jepang menyerang Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour. Tujuan penmyerangan Jepang tersebut untuk menguasai Asia.

Pada 11 Desember 1941 Jerman dan Italia yang menjadi sekutu Jepang mengumumkan perang kepada Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com