Kompas.com - 06/02/2020, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Perang Dunia I yang berlangsung pada 1914 hingga 1918 menjadi salah satu tragedi kemanusiaan terkelam sepanjang sejarah.

Tahukah kamu apa yang menyebabkan Perang Dunia I meletus? Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari Encyclopaedia Britannica (2015):

Latar belakang Perang Dunia I

Sebelum Perang Dunia I, kondisi dunia sebenarnya penuh konflik dan persaingan kekuasaan.

Selama bertahun-tahun sebelum Perang Dunia I, ketegangan berlangsung di Eropa, khususnya di wilayah Balkan, tenggara Eropa.

Kekaisaran Turki Ottoman (Turki Usmani) yang saat itu berkuasa, berperang melawan bekas jajahannya yang memerdekakan diri.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Keunikan 28 Juni, Awal Mula dan Berakhirnya Perang Dunia I

Negara-negara itu, Bulgaria, Yunani, Montenegro, Serbia mengalahkan Kekaisaran Turki Ottoman dalam Perang Balkan yang berlangsung pada 1912.

Namun pada 1913, negara-negara itu saling berperang karena perebutan wilayah setelah mereka merdeka dari Turki Ottoman.

Serbia dan golongan nasionalisnya waktu itu berambisi untuk memerdekakan etnis Slavia di Bosnia dan Herzegovina yang berada di bawah kuasa Kerajaan Astro-Hongaria.

Kepala Intelijen Militer Serbia, Kolonel Dragutin Dimitrijevi? meyakini cita-cita ini bisa diwujudkan dengan membunuh putra mahkota (Archduke) Kerajaan Astro-Hongaria Franz Ferdinand.

Penyebab Perang Dunia I

Maka pada 28 Juni 1914, Franz Ferdinand dan istrinya, Sophie, yang sedang menggelar inspeksi militer di Sarajevo, ibu kota Bosnia, diserang dan ditembak mati.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.