Taktik dan Strategi dalam Permainan Tenis Meja

Kompas.com - 25/10/2020, 16:00 WIB
Cabang tenis meja SEA Games XXVIII Cabang tenis meja SEA Games XXVIII

KOMPAS.com - Tenis meja merupakan salah satu golongan permainan bola kecil. 

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tenis meja adalah permainan yang dilakukan dengan memukul bola pingpong menggunakan bet atau pemukul yang dilapisi karet dan dilakukan di atas meja.

Dalam permainan tenis meja atau pingpong sangat membutuhkan keterampilan teknik. Tapi permainan ini juga membutuhkan penguasaan teknik dan strategi.

Ada dua strategi dalam permainan tenis meja, yakni strategi pertahanan dan serangan.

Menurut Kusnanto dalam bukunya yang berjudul Bermain Tenis Meja (2019), teknik serangan serta bertahan sangat wajib dikuasai dalam permainan tenis meja atau pingpong.

Baca juga: Taktik dan Strategi dalam Permainan Bulu Tangkis

Strategi serangan 

Serangan balik dalam permainan tenis meja bisa dilakukan dengan pukulan forehand atau backhand.

Pukulan tersebut bisa dilakukan dalam jarak jauh dan dekat. Tentunya dalam menerapkan strategi ini, pemain harus mengetahui titik kelemahan lawan main.

Dikutip dari situs Megaspin, usahakan untuk melakukan serangan kapanpun bisa dilakukan. Karena hal ini membuka peluang yang cukup besar bagi pemain untuk mencetak poin.

Saat bermain tenis meja, kita harus mengetahui terlebih dahulu kelemahan lawan. Kelemahan lawan akan diketahui pada saat kita sedang bermain dengannya.

Apabila kita sudah tahu dan mengenal lawan sebelumnya, gunakanlah kelemahan tersebut untuk menyerang dan mengalahkannya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X