Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Tenis Meja di Dunia dan Indonesia

Kompas.com - 13/10/2020, 17:57 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tenis meja atau yang lebih dikenal permainan pingpong tergolong ke dalam permainan dengan bola kecil.

Permainan ini digemari oleh remaja hingga orang dewasa, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bagaimana sejarah tenis meja?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tenis meja adalah permainan dengan menggunakan bola kecil yang dinamai pingpong serta pemukul berupa bet yang dilapisi karet dan sebuah meja yang dirancang khusus sebagai area permainan.

Sejarah tenis meja di dunia

Permainan tenis meja sudah dikenal sejak tahun 1880-an. Permainan ini pertama kali ditemukan di Inggris. Saat itu tenis meja digunakan sebagai alternatif permainan di dalam ruangan saat musim dingin.

Baca juga: Sejarah Lari menjadi Olahraga Atletik

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), awalnya permainan ini lebih dikenal sebagai permainan pingpong yang diadaptasi dari sebuah merek dagang.

Istilah tenis meja baru muncul sekitar tahun 1921-1922, saat organisasi yang mewadahi para pemain pingpong aktif kembali. Organisasi ini dibentuk pada 1902, namun dibubarkan pada 1905.

Perwakilan pemain pingpong dari berbagai negara, seperti Jerman, Hongaria serta Inggris berkumpul untuk membentuk sebuah organisasi tenis meja tingkat internasional.

Organisasi tersebut kemudian diberi nama Federation Internationale de Tennis de Table atau International Table Tennis Federation.

Organisasi ini didirikan pada 1926. Para anggotanya berasal dari Inggris, Swedia, Hongaria, India, Denmark, Jerman, Cekoslowakia, Austria serta Wales. Hingga pertengahan 1990-an, lebih dari 165 negara telah bergabung menjadi anggotanya.

Baca juga: Henry Myers: Penemu Gaya Renang Kupu-Kupu

Kejuaraan dunia tenis meja

Kejuaraan dunia untuk tenis meja, pertama kali diselenggarakan pada 1926 di London, Inggris. Hongaria menjadi pemenang kompetisi pingpong selama sembilan kali berturut-turut.

Mulai pertengahan 1950, para atlet pingpong dari negara Asia mulai bermunculan. Jepang dan Cina mendominasi gelar juara dalam kompetisi tenis meja tersebut.

Pada 1980, saat kejuaraan dunia pertama diadakan, Guo Yuehua dari Cina berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi tenis meja. Permainan pingpong mulai menjadi olahraga olimpiade sejak 1988, dengan kompetisi tunggal dan ganda putra serta putri.

Tim tenis meja beregu Indonesia sukses menyapu bersih semua pertandingan beregu dengan kemenangan pada hari pertama ASEAN Para Games IX/2017 ketika berlangsung di Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017). Tim tenis meja beregu Indonesia sukses menyapu bersih semua pertandingan beregu dengan kemenangan pada hari pertama ASEAN Para Games IX/2017 ketika berlangsung di Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017).
Sejarah tenis meja di Indonesia

Dikutip dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI), permainan tenis meja mulai dikenal masyarakat Indonesia pada 1930.

Saat itu permainan pingpong dijadikan sarana rekreasi bagi orang Belanda dan hanya beberapa orang Indonesia yang diperbolehkan ikut bermain.

Baca juga: Atletik, Cabang Olahraga Pertama di Dunia

Pada 1939, para pemain tenis meja berkumpul dan memutuskan untuk membentuk sebuah organisasi yang mewadahi para pemain pingpong di seluruh Indonesia. Akhirnya terbentuklah PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com